UPAYA GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI SD NEGERI 14 JATI TANAH TINGGI KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG

muhammad asra, muhammad asra (2020) UPAYA GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI SD NEGERI 14 JATI TANAH TINGGI KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG. Masters thesis, uin imam bonjol padang.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover,persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (584kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (BAB I s.d IV)
BAB I,II,III,IV,V-dikonversi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (File Gabungan)
tesis muhammad asra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Asra, Nim. 088 12 1666, “Upaya Guru dalam Membina Akhlak Peserta Didik melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di SD Negeri 14 Jati Tanah Tinggi Kecamatan Padang Timur Kota Padang”, Konsentrasi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang tahun 2019. Akhlak merupakan pondasi yang utama dalam pembentukkan pribadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang mengarah pada terbentuknya pribadi yang berakhlak, merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Pembinaan akhlak harus dilakukan secara teratur dan terarah agar dapat mengembangkan dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataan yang terjadi banyak peserta didik yang melanggar norma-norma yang ada. Diantaranya peserta didik dengan mudah berkata kotor, berkelahi, melawan guru. Untuk mengatasi krisis akhlak yang terjadi, maka dapat dilakukan dengan metode keteladanan dan pembiasaan, karena keteladanan dan pembiasaan dalam pendidikan amat dibutuhkan secara psikologis karena peserta didik lebih banyak mencontoh prilaku atau sosok figur yang di idolakannya termasuk gurunya. Pembiasaan juga tak kalah pentingnya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena setiap pengetahuan atau tingkah laku yang diperoleh dengan pembiasaan akan sangat sulit mengubah atau menghilangkannya sehingga cara ini amat berguna dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: upaya guru dalam membina akhlak 3S, sopan santun, tawadhu’ dan ta’awun melalui metode keteladanan dan pembiasaan di SD Negeri14 Jati Tanah Tinggi Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data adalah guru, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) upaya guru membina 3S melalui (a) metode pembiasaan adalah mengingatkan peserta didik untuk mengucapkan salam hendak masuk kelas atau kantor, menyapa guru atau teman teman dan tersenyum ketika bertemu dengan guru teman dan pegawai lainnya. b) Metode keteladanan adalah guru mencontohkan kepada peserta didik membaca salam, saling tegur sapa dan memberikan senyum ketika bertemu atau sedang mengajar. 2) upaya guru dalam membina sopan santun melalui (a) Metode Pembiasaan adalah membiasakan peserta didik untuk selalu berkata lemah lembut, berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik serta selalu berpakaian rapi selama berada di sekolah baik di kelas maupun di luar kelas. (b) Metode keteladanan dilakukan dengan mencontohkan cara berbicara yang santun, lembut serta tidak menyakiti orang lain, kesopanan dalam berpakaian, Berkomunikasi dengan bahasa yang baik. 3) Upaya guru membina akhlak tawadhu’ melalui (a) Metode Pembiasaan adalah membiasakan peserta didik untuk selalu rendah hati, menghargai teman yang berbeda pendapat, ketika mendapatkan nilai yang bagus tidak boleh merasa paling pintar. (b) Metode Keteladanan dilakukan dengan bersikap rendah hati ketika berbicara, tidak boleh merasa paling hebat, paling pintar dalam segala hal serta yang kecil harus lebih hormat kepada yang lebih tua. Adapun pembiasaan yang dilakukan adalah dengan 4) Upaya guru membina akhlak ta’awun melalui (a) Metode Pembiasaan adalah peserta didik diajarkan untuk menjadi orang yang peka terhadap teman yang lain, saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas, ketika piket kelas serta suka menolong teman yang sedang sakit atau kesusahan dengan ikut memberikan sumbangan dalam bentuk uang atau yang lain. (b) Metode Keteladanan dilakukan dengan mencontohkan langsung kepada peserta didik dimana guru ikut memberikan sumbangan, guru juga mencontohkan sikap tolong menolong dengan sesama guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:51
Last Modified: 03 Dec 2020 04:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item