PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN DALAM TRADISI MENAIKI RUMAH BARU DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Fahmi, Yosrifal (2022) PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN DALAM TRADISI MENAIKI RUMAH BARU DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_Bab I - 149 Yosrifal Fahmi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_BAB II - 149 Yosrifal Fahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_BAB III - 149 Yosrifal Fahmi.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_BAB IV - 149 Yosrifal Fahmi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_BAB V - 149 Yosrifal Fahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_FULL TEXT - 149 Yosrifal Fahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yosrifal Fahmi_1815020149_Cover Dll - 149 Yosrifal Fahmi.pdf

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tradisi pembacaan surat-surat pilihan saat menaiki rumah baru di Nagari Sariak Alahan Tigo. Pembacaan surat-surat pilihan ini memiliki keunikan tersendiri dari daerah lain pada umumnya, yaitu setiap masyarakat Sariak Alahan Tigo membaca surat-surat pilihan dalam tradisi menaiki rumah yang baru dibangun. Di tengah arus modernisme masyarakat Sariak Alahan Tigo masih mempertahankan pembacaan surat-spilihan dalam tradisi ini, oleh karna itu penulis ingin memperlihatkan kepada khalayak umum bahwa tradisi leluhur tidak serta merta menghambat kemajuan, bahkan bisa sebagai tatanan hidup kehidupan yang modern ini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang melatarbelakangi tradisi pembacaan surat-surat pilihan dalam menaiki rumah baru, proses dan pemaknaan masyarakat Sariak Alahan Tigo terhadap tradisi pembacaan surat-surat pilihan ketika menaiki rumah baru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data primernya terdiri tokoh adat, agama, perangkat Nagari, masyarakat Sariak Alahan Tigo dan data sekunder adalah buku-buku, jurnal, artikel dan dokumen lain yang berkaitan dengan Tradisi Pembacaan Surat-Surat Pilihan Saat Menaiki Rumah Baru. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan fenomenologi, hal ini terkait fenomena kehadiran Al-Qur’an (Living Qur’an) dalam tradisi menaiki rumah baru. Lalu data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik pengumpulan analisis data oleh penulis. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, faktor yang melatar belakangi pembacaan surat-surat pilihan saat menaiki rumah baru yaitu, pertama sebagai wadah dalam membumikan al-Qur’an dan mensemarakkan pembacaan Al-Qur’an. Kedua, dalam rangka mencari keberkahan. Ketiga, proses pembacaan surat-surat pilihan dalam tradisi meniki rumah baru yaitu dipimpin oleh seorang tokoh agama dan diikuti oleh seluruh hadirin yang hadir, adapun surat-surat pilihan yang dibaca yaitu, surat Al- Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat al-Falaq, surat al-Baqarah ayat 1-5, 255, dan ayat 284-286. Surat-surat pilihan ini dibaca secara berurutan dan ditutup dengan shalawat dan do’a. Ketiga, tujuan masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo melakukan pembacaan surat-surat pilihan saat menaiki rumah baru dapat disimpulkan yaitu, supaya terhindar dari gangguan jin dan manusia. Di samping itu, pembacaan surat-surat pilihan juga bertujuan untuk mensemarakkan membacaan Al-Qur’an. kegiatan ini merupakan fenomena Living Qur’an yaitu Al-Qur’an yang hidup di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mensemarakan membaca Al-Qur'an
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 08 Oct 2022 03:33
Last Modified: 08 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item View Item