SINKRETISME AGAMA DAN BUDAYA PADA PERTUNJUKAN DEBUS DI NAGARI TERATAK TEMPATIH KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

Marida, Witri (2022) SINKRETISME AGAMA DAN BUDAYA PADA PERTUNJUKAN DEBUS DI NAGARI TERATAK TEMPATIH KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Witri Marida_1815030037_Bab I - Witri Marida.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Witri MArida_1815030036_Bab II - Witri Marida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Witri Marida_1815030037_Bab III - Witri Marida.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Witri Marida_1815030037_Bab IV - Witri Marida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Witri Marida_1815030037_Bab V-Daftar Pustaka - Witri Marida.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Witri Marida_1815030037_Fulltext - Witri Marida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
Witri Marida_1815030037_Cover,dll - Witri Marida.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui proses pertunjukan debus di nagari Teratak Tempatih Kecamatab Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, untuk mengetahui seperti apa sinkretisme agama dan budaya pada debus. Penelitian ini menggunakan pendekatan Babbie dalam melakukan analisis data kualitatif. Yaitu Coding, memoing, dan concept mapping. Menggunakan metode kualitatif deskriptif yang memberikan paparan langsung hubungan antara peneliti dengan responden, sehingga memudahkan peneliti mendapatkan data dengan gambaran yang jelas mengenai objek penelitian yang dikaji sesuai dengan asumsi mengenai kajian tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertunjukan debus di nagari Teratak Tempatih merupakan pertunjukan seni debus yang memunculkan adanya sinkretisme agama dan budaya. Pertunjukan debus yang menggunakan alat dan senjata tajam menjadikan debus sebagai pertunjukan yang menjadi sadis dan nekad. Pertunjukan debus memiliki pemimpin yang dinamakan dengan kalifah. Kalifah yang memberi arahan dan melatih para personil debus. Sinkretisme yang terdapat pada saat prosesi pertunjukan debus meliputi mantra yang dibacakan kalifah dan diikuti oleh personil debus diiringi dengan indang. Lalu terdapat bacaan lafadz Laa Ilaha Ilallah yang dibacakan oleh semua personil debus pada saat acara puncak debus berlangsung. Sinkretisme agama dan budaya pada pertunjukan debus ditemukan adanya nilai Islam pada mantra yang dibacakan saat pertunjukan debus berlangsung. Serta terdapat nilai Tauhid yang terkandung dalam pertunjukan debus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Debus, Prosesi, Sinkretisme
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 08 Oct 2022 02:58
Last Modified: 08 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item