UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) BUNGA MAS BERKAH PERUM BUNGA MAS KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

ARDILA, HERMAWATI (2022) UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) BUNGA MAS BERKAH PERUM BUNGA MAS KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Bab II)
Ardila Hermawati-1712040009-Bab II - Ardila Hermawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text (Bab IV)
Ardila Hermawati-1712040009-Bab IV - Ardila Hermawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
Ardila Hermawati-1712040009-Bab V dan Daftar Pustaka - Ardila Hermawati.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Ardila Hermawati-1712040009-Bab III - Ardila Hermawati.pdf

Download (499kB)
[img] Text (Fulltext)
Ardila Hermawati-1712040009-Fulltext - Ardila Hermawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Ardila Hermawati-1712040009-Cover, dll - Ardila Hermawati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ardila Hermawati-1712040009-Bab I - Ardila Hermawati.pdf

Download (444kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Peningkatan Kesejahteraan Perempuan Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah Perum Bunga Mas Kecamatan Koto Tangah Kota Padang”. Disusun oleh ARDILA HERMAWATI, NIM. 1712040009, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021, 75 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data tentang perempuan Perum Bunga Mas Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto yang rata-rata adalah ibu rumah tangga dan tidak memiliki pekerjaan. Hal ini dilihat dari data anggota yang tergabung dengan KUBE Bunga Mas Berkah. Oleh karena itu diperlukan bagaimana upaya peningkatan kesejahteraan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, dengan batasan masalah partisipasi ekonomi perempuan dalam Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas dan pencapaian pendidikan perempuan dalam Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan partisipasi ekonomi perempuan dalam program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas dan untuk mendeskripsikan pencapaian pendidikan perempuan dalam program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai gejala sosial yang akan diteliti. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengambilan informan mulai dari ketua KUBE Bunga Mas Berkah sekaligus inisiator berdirinya KUBE ini serta anggota KUBE Bunga Mas Berkah. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan teknis analisis Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kesejahteraan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang adalah: a. partisipasi ekonomi perempuan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas, sebagai berikut: 1) perempuan yang tergabung dalam KUBE Bunga Mas Berkah yang merupakan ibu rumah tangga memiliki usaha mandiri dibidang usaha makanan kering. 2) Partisipasi perempuan dalam ekonomi membuat perempuan memiliki suara, baik di dalam keluarga maupun di masyarakat. b. pencapaian pendidikan perempuan dalam Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bunga Mas Berkah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan di Perum Bunga Mas adalah melalui berbagai pelatihan dan pembinaan untuk menunjang keberhasilan usaha mandiri yang dilakukan oleh anggota kelompok KUBE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:30
Last Modified: 10 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item