PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM MUARO JANIAH DI JORONG BATU KARAK NAGARI DILAM KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK

ANNISA, RAHMADAN (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM MUARO JANIAH DI JORONG BATU KARAK NAGARI DILAM KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Annisa Rahmadani_1712040065_BAB I - Annisa Rahmadani.pdf

Download (462kB)
[img] Text (Bab IV)
Annisa Rahmadani_1712040065_BAB IV - Annisa Rahmadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
Annisa Rahmadani_1712040065_bab v -daftr pustaka - Annisa Rahmadani.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Annisa Rahmadani_1712040065_BAB III - Annisa Rahmadani.pdf

Download (275kB)
[img] Text (Bab II)
Annisa Rahmadani_1712040065_BAB II - Annisa Rahmadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Annisa Rahmadani_1712040065_cover dll - Annisa Rahmadani.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Annisa Rahmadani_1712040065_fulltext - Annisa Rahmadani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Koperasi Simpan Pinjam Muaro Janiah di Jorong Batu Karak Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok” ditulis oleh Annisa Rahmadani NIM 1712040065. Jurusan Pengembangan Masyarakat islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Program Koperasi Simpan Pinjam merupakan program yang berpotensi sebagai menggerakkan perekonomian masyarakat, kemampuan dan daya kualitas yang dimiliki oleh masyarakat Jorong Batu Karak untuk mengatasi kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan sepenuhnya bisa dibantu, sehingga kesenjangan sosial yang dihadapi masyarakat bisa dibatasi dengan baik. Berdasarkan fakta dari koperasi simpan pinjam Jorong Batu Karak, Peran koperasi memberikan pinjaman modal dengan suku bunga yang telah ditetapkan. Koperasi simpan pinjam bertujuan untuk menunjang operasional dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial dengan secara aktif dalam mempertingkatkan kualitas kehidupan anggota khususnya pada masyarakat umum. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini diantaranya adalah ketua kelompok koperasi dan anggota koperasi simpan pinjam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sampling melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan jenis data yaitu berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto. Serta teknik analisa data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian bahwa a). Partisipasi langsung masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui program koperasi simpan pinjam: Pertama, partisipasi dalam bentuk ide/gagasan adalah menyampaikan besarnya iuran/denda, menentukan besarnya iuran pokok dan wajib/sukarela, dan menyampaikan kendala pada kelompok. Kedua, partisipasi dalam bentuk tindakan seperti menetapkan iuran/denda, iuran pokok dan wajib/sukarela. b). Partisipasi tidak langsung masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui koperasi simpan pinjam: Pertama, ide/gagasan seperti menentukan besarnya iuran/denda, menitipkan uang iuran/denda, dan melunasi iuran pokok, wajib dan sukarela. Kedua, partisipasi dalam bentuk tindakan seperti menjalankan segala aturan yang telah dibuat bersama di dalam kelompok koperasi simpan pinjam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:34
Last Modified: 10 Oct 2022 02:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item