UPAYA PETANI KARET DALAM MENGANTISIPASI KRISIS EKONOMI PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung)

ANIKE LIDYA, SARI (2022) UPAYA PETANI KARET DALAM MENGANTISIPASI KRISIS EKONOMI PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Anike Lidya Sari-1712040051-BAB I - Anikelidya Sari.pdf

Download (246kB)
[img] Text (Bab II)
Anike Lidya Sari-1712040051-BAB II - Anikelidya Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
Anike Lidya Sari-1712040051-BAB III - Anikelidya Sari.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Bab IV)
Anike Lidya Sari- 1712040051-BAB IV - Anikelidya Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Anike Lidya Sari-1712040051-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Anikelidya Sari.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Anike Lidya Sari-1712040051-Cover,dll - Anikelidya Sari.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Anike Lidya Sari-1712040051-FULL Text - Anikelidya Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Upaya Petani Karet dalam Mengantisipasi Krisis Ekonomi pada Masa Covid-19 di Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung” ditulis oleh Anike Lidya Sari Nim 1712040051 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pembahasan skripsi ini beranjak dari pokok permasalahan bagaimana penguatan ekonomi petani karet pada masa covid-19. Masyarakat nagari Silantai pada umumnya bekerja sebagai petani karet. Namun dengan adanya wabah covid-19 membuat pendapatan petani karet di nagari Silantai semakin merosot jadi untuk menambah pendapatannya petani karet mencari tambahan usaha lain supaya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengahasilan/pendapatan oleh petani karet dalam mengantisipasi ekonomi pada masa covid-19, kendala dan usaha yang dilakukan oleh petani karet pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan keseluruhan informan 15 informan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dukumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, lalu mengklasifikasikan data sesuai dengan jenis masing-masing. Setelah data diperoleh kemudian diinterpretasikan dan dianalisis berdasarkan teori yang dipahami secara deskriptif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penghasilan petani karet dalam mengantisipasi ekonomi pada masa covid-19:pertama upaya yang dilakukan oleh petani karet pada masa covid-19, membahas usaha apa saja yang dilakukan oleh petani karet, dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada supaya dapat menambah pendapatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, petani karet memanfaatkan lahan yang sebelumnya tidak terpakai menjadi lahan yang berfungsi dengan hal tersebut petani karet kehidupan petani karet akan bisa tercukupi apalagi pada masa covid-19 yang mewabah dalam kehidupan masyarakat. Kedua bagaimana kendala petani karet pada masa covid-19, membahas apa saja kendala yang dihadapi oleh petani karet pada masa covid-19 Pada masa pandemi covid-19 yang sedang melanda kehidupan masyarakat khususnya petani karet di Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Pada masa covid-19 kehidupan masyarakat Silantai sulit karena sebagian besar mata pencarian masyarakat hanya bertani, dan yang dominan adalah petani karet, pada masa PSBB kemaren harga karet sangat rendah sehingga masyarakat sulit unruk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan Kantor wali nagari Silantai juga mengupayakan bantuan untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:43
Last Modified: 10 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item