PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PADANG DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQAH OLEH LAZ RUMAH YATIM

ALFIAN EZAL, MAULANA (2021) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PADANG DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQAH OLEH LAZ RUMAH YATIM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Alfian Ezal Maulana_1712040002_BAB I - Afian Ezal Maulana.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Alfian Ezal Maulana_1712040002_BAB III - Afian Ezal Maulana.pdf

Download (496kB)
[img] Text (Bab II)
Alfian Ezal Maulana_1712040002_BAB II - Afian Ezal Maulana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text (Bab IV)
Alfian Ezal Maulana_1712040002_BAB IV - Afian Ezal Maulana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
Alfian Ezal Maulana_1712040002_BAB V-Daftar Pustaka - Afian Ezal Maulana.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Alfian Ezal Maulana_1712040002_Cover(dll) - Afian Ezal Maulana.pdf

Download (648kB)
[img] Text (Fulltext)
Alfian Ezal Maulana_1712040002_Fulltext - Afian Ezal Maulana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kota Padang Di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Pendistribusian Zakat, Infaq Dan Sodakah Oleh LAZ Rumah Yatim ” ditulis oleh Alfian Ezal Maulana NIM 1712040002, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pengurus LAZ Rumah Yatim yang mengumpulkan zakat, infaq dan shadoqah dari kaum muslimin yang berada di kota Padang berkeinginan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di masa pandemi ini. Untuk itu pengurus mendistribusikan zakat, infak dan shodaqah yang terkumpul kepada masyarakat yang membutuhkannya. Permasalahanya pengurus mendata masyarakat yang tidak mampu dimasa pandemi COVID-19 di kota padang untuk mendsitribusikan ZIS tersebut. Pembahasan Skripsi ini berpangkal dari permasalahan bagaimana usaha LAZ Rumah Yatim untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Padang dimasa Pandemi COVID-19 dan pendistribusian seperti apa yang tepat dimasa Pandemi COVID-19 saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pendistribusian ZIS oleh Rumah Yatim yang memberikan kesejahteraan masyarakat Kota Padang dimasa COVID-19. 2)Untuk mengetahui pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah oleh Rumah Yatim dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Padang di masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Keseluruhan informan sebanyak 11 orang yang merupakan kepala LAZ Rumah Yatim Kota Padang dan masyarakat Kecamatan Lubuk Begalung dan Kecamatan Parupuak Tabing Serta anak-anak Dhuafa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mengumpulkan data, setelah data diperoleh dianalisis secara relevan dengan teori yang di pahami dan dibentuk dalam bentuk kalimat. Bedasarkan penelitian ditemukan bahwa LAZ Rumah Yatim meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Padang dalam mendistribusikan Zakat,Infaq dan Shodaqah dengan menggunakan metode manajemen diantaranya 1).Planing 2).Organizing 3).Actuating 4).Controlling. Hal ini digunakan untuk mengetahui dan mengatur pendistribusian yang dilakukan oleh LAZ Rumah Yatim tepat sasaran dimasa pandemi COVID-19 sekarang ini agar dapat mensejahterakan masyarakat yang benar-benar miskin yang bisa mendapatkan bantuan dari LAZ Rumah Yatim tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:39
Last Modified: 10 Oct 2022 02:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item