Peranan Mentor Bina Pribadi Islami dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPIT Iqra’ Kota Solok Tahun Ajaran 2021/2022

Trio Maizona, Putra (2022) Peranan Mentor Bina Pribadi Islami dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPIT Iqra’ Kota Solok Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
TRIO MAIZONA PUTRA-1820010033-COVER - arif rahman.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text
TRIO MAIZONA PUTRA-1820010033-BAB I - arif rahman.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text
TRIO MAIZONA PUTRA-1820010033-BAB III - arif rahman.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
TRIO MAIZONA PUTRA-1820010033-BAB V - arif rahman.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
TRIO MAIZONA PUTRA-1820010033-FULLTEX - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Trio Maizona Putra, NIM. 1820010033, “PERANAN MENTOR BINA PRIBADI ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SMPIT IQRA’ KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2021/2022”. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Sekolah merupakan lembaga formal penyelenggara pendidikan yang bertugas untuk membangun kecerdasan generasi muda. Kecerdasan yang diharapkan bukan hanya kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual. Usaha meningkatkan kecerdasan spiritual yaitu dengan mengaktifkan hati secara rutin dalam konteks orang beragama adalah dengan mengingat Allah swt. Salah satu usaha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual adalah dengan adanya program pembinaan kepribadian islami. Program ini sudah dilakukan di SMPIT Iqra’ Kota Solok yaitu dengan adanya program Bina Pribadi Islami (BPI). Berdasarkan wawancara dan observasi awal penulis, dilihat ada keistimewaan dan keunikan dalam pembinaan kecerdasan spiritual siswa melalui program BPI. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti peran mentor BPI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik SMPIT Iqra’ Kota Solok. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peranan mentor BPI sebagai syaikh dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa; Untuk mendeskripsikan peranan mentor BPI sebagai Guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa; Untuk mendeskripsikan peranan mentor BPI sebagai Walid dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa; Untuk mendeskripsikan peranan mentor BPI sebagai pemimpin dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Metode penelitian ialah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah mentor BPI. Adapun teknik analisa data yang digunakan ialah reduksi data, display data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan ditemukan bahwa; 1) peranan mentor BPI sebagai syaikh dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu; menggugah dan menginspirasi, memberikan sentuhan jiwa, membimbing siswa menemukan makna hidup (melatih berpikir positif dan menggali hikmah di setiap kejadian. 2) peranan mentor BPI sebagai guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu; merencanakan pembelajaran, sebagai sumber belajar dan fasilitator, melatih dengan pembiasaan, motivator dan pembimbing, evaluator. 3) peranan mentor BPI sebagai walid (orang tua) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu; mengayomi, membangun kepercayaan diri siswa, mensahabati dengan pendampingan. 4) peranan mentor BPI sebagai pemimpin dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu pemimpin yang kreatif dan inovatif, pelopor dalam kebaikan, dan memberi teladan. Kata kunci; peranan, mentor BPI, kecerdasan spiritual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Akhlak
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 15:26
Last Modified: 05 Oct 2022 15:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item