Pengembangan Kurikulum Program Studi Ilmu Hadis Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Azhariah, Fatia (2021) Pengembangan Kurikulum Program Studi Ilmu Hadis Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Azhariah Fatia_88315306_Cover - Azhariah tv.pdf - Published Version

Download (916kB)
[img] Text
Azhariah Fatia_88315306_BAB I - Azhariah tv.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text
Azhariah Fatia_88315306_BAB III - Azhariah tv.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text
Azhariah Fatia_88315306_BAB V - Azhariah tv.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
Azhariah Fatia_88315306_daftar pustaka - Azhariah tv.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text
AZHARIAH FATIA_88315306_Fultext - Azhariah tv(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Disertasi: "Pengembangan Kurikulum Program Studi Ilmu Hadis Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia." Ditulis oleh Azhariah Fatia, NIM 88315306 Program Studi Pendidikan Islam, Program Doktor (S.3) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulisan disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena kegamangan penyelenggara program studi lmu hadis di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) dalam menyusun dan melaksanakan kurikukulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan. Fenomena itu juga terjadi pada Program Studi Ilmu Hadis Uinversitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara yang menjadi lokasi penelitian ini. Hal ini menuntut adanya pengembangan kurikulum program studi ilmu hadis berbasis KKNI. Masalah penelitian adalah bagaimana pengembangan kurikulum ilmu hadis berbasis KKNI di PTKIN. Masalah dibatasi untuk menjawab tiga pertanyaan. Pertama, bagaimana kondisi objektif kurikulum berbasis KKNI di Program Studi Ilmu Hadis UIN Sumatera Utara. Kedua, bagaimanakah kurikulum berbasis KKNI pada Program Studi Ilmu Hadis yang relevan dikembangkan. Ketiga, apakah produk kurikulum progam studi Ilmu Hadis berbasis KKNI yang dihasilkan dari penelitian sudah valid. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development dimana penelitian ini secara sistematis bertujuan untuk menemukan gambaran obyektif kurikulum Program Studi Ilmu Hadis UIN Sumatera Utara dan mengembangkan model yang lebih memenuhi ketentuan kurikulum berbasis KKNI. Prosedur pengembangan yang dipakai adalah model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian ini, mengingat keterbatasan sumber daya, langkah-langkah tersebut disederhanakan menjadi langkah-langkah studi pendahuluan, pengembangan kurikulum, dan validasi pakar. Berdasarkan pembahasan dan analisis yang dilakukan, penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Pertama, kondisi obyektif kurikulum berbasis KKNI Program Studi Ilmu Hadis UIN Sumatera Utara sudah terlaksana namun belum sesuai sepenuhnya dengan ketentuan kurikulum KKNI, baik pada tahap perencanaan maupun pelaksanaan sehingga perlu dilakukan pengembangan kurikulum berbasis KKNI. Kedua, pengembangan kurikulum yang perlu dilakukan terhadap kurikulum berbasis KKNI Program Studi Ilmu Hadis meliputi penyempurnaan pendistribusian capaian pembelajaran lulusan (CPL) kepada keseluruhan mata kuliah terutama mata kuliah inti, pengembangan bahan kajian ini (core) kukikulum yang mendukung CPL, dan pengembangan penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS) yang menggambarkan proses secara utuh. Ketiga, produk kurikulum Program Studi Ilmu Hadis sebagai hasil xvi penelitian ini telah valid berdasarkan hasil uji kevalidan. Melalui tahap validasi pakar, produk tersebut dinilai dan divalidasi dengan hasil skor 3,36 dan menunjukkan bahwa produk kurikulum adalah Valid.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Hadis dan Ilmu Berkaitan
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 14:15
Last Modified: 05 Oct 2022 14:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11284

Actions (login required)

View Item View Item