PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK DITINJAU DARI MAQASHID AL-SYARI’AH

Edo, Saputra (2022) PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI NAGARI KOTO LAWEH KECAMATAN LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK DITINJAU DARI MAQASHID AL-SYARI’AH. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Edo Saputra_1713030198_Cover dll - Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Edo Saputra_1713030198_BAB 1 - Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (906kB)
[img] Text (Bab 2)
Edo Saputra_1713030198_BAB 2 - Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text (Bab 3)
Edo Saputra_1713030198_BAB 3 - Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (Bab 4)
Edo Saputra_1713030198_BAB 4 - Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text (Bab 5)
Edo Saputra_1713030198_BAB 5-Daftar Pustaka - Edo Saputra.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (Fulltext)
Edo Saputra_1713030198_Full Text - Edo Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah dengan judul “Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Ditinjau dari Maqashid Al-Syari’ah” dilatar belakangi oleh pembuktian terhadap pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok, apakah sudah sesuai dengan PermenPUPR Nomor 7 Tahun 2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swdaya (BSPS) dan bagaimana pandangan Islam terhadap Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok? Kedua, bagaimana tinjauan maqashid al-syari’ah terhadap program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penulis melakukan penelitian lapangan. Adapun informan penelitian adalah wali nagari, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan masyarakat penerima BSPS. Pemilihan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok berjalan dengan baik, karena sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan PermenPUPR Nomor 7 Tahun 2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Kedua, tinjauan maqashid al-syari’ah terhadap program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok merupakan suatu upaya yang dapat mendatangkan maslahah ditingkat hajiyyat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:03
Last Modified: 05 Oct 2022 09:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item View Item