Penerapan Metode Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Afrita, Sari (2018) Penerapan Metode Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (persetujuan pembimbing)
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (full gabungan)
full gabungan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Metode Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman” yang disusun oleh Afrita Sari, NIM 1314070396 pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penerapan bentuk-bentuk dari metode cerita oleh pendidik kelas V dalam pembelajaran, di mana Pendidik bercerita hanya sebatas membacakan isi teks cerita yang ada dalam buku paket bahasa Indonesia kelas V, tanpa menggunakan ekspresi, dan gerak-gerik yang menarik perhatian peserta didik untuk mendengarkan cerita tersebut. Pendidik tidak menggunakan alat atau media yang dapat menunjang kegiatan bercerita. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 12 Lubuk Alung?. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pendidik dalam menerapkan metode cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia?, 2) Bagaimana bentuk pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia?, 3) Bagaimana bentuk evaluasi dalam metode bercerita pada pembelajaran bahasa Indonesia?, 4) Apa saja bentuk faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode bercerita dalam pembelajaran dimulai dari perencanaan pendidik dalam menerapkan metode cerita, pelaksanaan mertode cerita, bentuk evaluasi yang digunakan dalam metode cerita dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran menggunakan metode cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik analisi data melalui : Meringkas data, reduksi data, penyajian data, analisis data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan: pertama, langkah awal dalam menerapkan metode bercerita pendidik sudah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Di dalam RPP pendidik sudah memuat langkah-langkah metode bercerita dengan baik. Kedua, dalam menerapkan metode bercerita pendidik sudah menggunakan berbagai macam bentuk-bentuk dari metode bercerita yaitu membacakan secara langsung dari buku pendidik juga menerapkan teknik bermain peran. Ketiga, bentuk evaluasi dari penerapan metode bercerita yaitu dengan tes tulis dan tes lisan, tes tulis dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan sedangkan tes lisan berupa membacakan kembali isi cerita dan bermain peran. Kempat, masih ada kendala yang dihadapi pendidik dalam pembelajaran di mana pendidik tidak memanfaatkan sarana sekolah seperti laptop, tape, gambar, dan speaker yang dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 07:46
Last Modified: 25 May 2018 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item