TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI TANAH MENGANDUNG EMAS DI NAGARI LUBUK ULANG ALING SELATAN KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

DANDI, SAPUTRA (2022) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI TANAH MENGANDUNG EMAS DI NAGARI LUBUK ULANG ALING SELATAN KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Dandi Saputra_1813040092_Cover - Dandi Saputra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Dandi Saputra_1813040092_Bab 1 - Dandi Saputra.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text (Bab 2)
Dandi Saputra_1813040092_Bab II - Dandi Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Dandi Saputra_1813040092_Bab III - Dandi Saputra.pdf - Published Version

Download (864kB)
[img] Text (Bab 4)
Dandi Saputra_1813040092_Bab IV - Dandi Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text (Bab 5)
Dandi Saputra 1813040092 Bab 5 dan Daftar Pustaka - Dandi Saputra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Dandi Saputra_1813040092_Fulltext - Dandi Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Tanah Mengandung Emas Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan”. Disusun oleh Dandi Saputra, Nim 1813040092 Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik jual beli tanah di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang hari Kabupaten Solok Selatan, yaitu adanya ketidakjelasan dalam objek dari jual beli tersebut. Pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik jual beli tanah mengandung emas di Kenagarian Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik jual beli tanah mengandung emas di Kenagarian Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan. Untuk menjawab persoalan di atas penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan penjual dan pembeli tanah sebagai informan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, buku berkaitan dengan objek yang diteliti dengan menggunakan metode kualitatif. Kemudian data yang sudah terkumpul ditulis dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan 1) Praktik jual beli tanah mengandung emas di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan mengunakan akad secara tertulis dan akad lisan diketahui oleh Pemerintah Nagari dan Ninik Mamak sebagai kaum pembuka adat dan di handiri beberapa orang saksi sehingga saling ada rasa percaya antara kedua belah pihak. 2) Tinjauan hukum Islam terhadap Jual beli tanah mengandung emas di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan, termasuk jual beli yang tidak dibolehkan, dalam praktiknya masih memiliki beberapa rukun dan syarat yang belum terpenuhi, seperti ketidakjelasan objeknya atau hasilnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dalam jual beli ini mengandung unsur gharar (ketidakjelasan) yang diharamkan dalam hukum İslam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:52
Last Modified: 05 Oct 2022 08:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item