Penggunaan media konkrit sebagai upaya meningkatkan hasil belajar volumekubus dan balok kelas V SDN 12 Lubuk alang tahun pelajaran 2017/2018

wellya, novita sari (2018) Penggunaan media konkrit sebagai upaya meningkatkan hasil belajar volumekubus dan balok kelas V SDN 12 Lubuk alang tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
cover pasti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (persetujuan)
persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstark watermac.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Wellya Novita Sari, NIM : 1314070678, Penggunaan Media Konkrit Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Volume Kubus Dan Balok Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Lubuk Alung Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit bagi peserta didik, belum optimalnya pemakaian media dalam pembelajaran, dan peserta didik dalam belajar kurang aktif, hal ini ditandai dengan kurangnya minat peserta didik dalam belajar yang terlihat dari banyaknya peserta didik yang izin keluar masuk dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran masih berpusat pada pendidik, peserta didik hanya mengandalkan penjelasan pendidik, latihan yang diberikan pendidik sering tidak selesai. Hal tersebut berdampak kepada rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah media konkrit dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 12 Lubuk Alung?.Batasan Masalah dibatasi pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan media konkrit Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 12 Lubuk Alung Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 12 L ubuk Alung dengan menggunakan media konkrit pada pembelajaran Matematika . Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan ialah observasi, dokumentasi, dan test. Analisis data berdasarkan penilaian hasil belajar kognitif peserta didik yang kriterianya dikatakan tuntas jika telah mencapai KKM dengan nilai 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi Volume Kubus dan Balok siswa kelas V menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang dan kubus satuan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai peserta didik materi volume kubus dan balok sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 49,18 siklus I, sebesar 74,32 dan pada siklus II menjadi 88,53 pada rentang skor nilai 0-100, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 12 Lubuk Alung Tahun Ajaran2017/2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 07:36
Last Modified: 29 Jun 2018 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item