PENGGUNAAN BAGAN APUNG DI DANAU SINGKARAK DITINJAU DARI MASLAHAH DAN MAFSADAH (STUDI KASUS NAGARI SIMAWANG KECAMTAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR)

CINDY, ELSA SABINA (2022) PENGGUNAAN BAGAN APUNG DI DANAU SINGKARAK DITINJAU DARI MASLAHAH DAN MAFSADAH (STUDI KASUS NAGARI SIMAWANG KECAMTAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Cover - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Bab I - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (Bab 2)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Bab II - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Bab III - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (Bab 4)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Bab IV - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text (Bab 5)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Bab V-Daftar Pustaka - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (Fulltext)
Cindy Elsa Sabina_1813040111_Fulltext.. - Cindy Elsa sabina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Bagan Apung Di Danau Singkarak Ditinjau Dari Maslahah Dan Mafsadah (Studi Kasus Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar)”. Ditulis oleh Cindy Elsa Sabina/1813040111 Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah Di dalam PERGUB NO 81 TAHUN 2017 tentang penggunaan alat dan bahan penangkapan ikan di perairan danau singkarak terdapat larangan penggunaan bagan apung yang dapat merusak ekosistem perairan Danau Singkarak. Dampaknya berupa kerusakan pada ekosistem danau, kerusakan pelestarian ikan atau populasi ikan menurun serta kerusakan pada lingkungan, diantara dampaknya manfaat penggunaan bagan apung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta member kesejahteraan hidup bagi nelayan yang menggunakan bagan apung. Adapun yang menjadi pertanyaan peneliti dalam ini adalah : Pertama, Bagaimana penggunaan bagan apung di Danau Singkarak?. Kedua, Bagaimana penggunaan bagan apung di Danau Singkarak ditinjau dari maslahah dan mafsadah?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan bagan apung di danau singkarak sangat banyak digunakan oleh nelayan di area danau singkarak. Nelayan menggunakan bagan apung sebagai mata pencaharian yang sangat membantu meningkatkan perekonomian kehidupan nelayan di area tepian Danau Singkarak juga member kesejahteraan bagi nelayan yang menggunakan bagan apung. (2) Penggunaan apung di Danau Singkarak ditinjau dari maslahah dan mafsadah, dilihat dari maslahahnya adalah penggunaan bagan apung berdampak baik pada kehidupan masyarakat, berupa peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang menggunakkan, kesejahteraan hidup. Sedangkan dilihat dari segi mafsadahnya penggunaan bagan apung ini memiliki dampak buruk bagi ekosistem danau, terjadinya kerusakan pada lingkungan Danau dan menyebabkan punahnya ikan plagis kecil di perairan Danau Singkarak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:04
Last Modified: 05 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item