PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KURIR TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI COD (Studi Kasus di Nagari Balah Hilia Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman)

CICI, KARMILA SARI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KURIR TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI COD (Studi Kasus di Nagari Balah Hilia Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cici Karmila Sari_1813040101_cover dll - Nabila Permata indah.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Cici Karmila Sari_1813040101_BAB I - Nabila Permata indah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
Cici Karmila Sari_1813040101_BAB II - Nabila Permata indah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Cici Karmila Sari_1813040101_BAB III - Nabila Permata indah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
Cici Karmila Sari_1813040101_BAB IV - Nabila Permata indah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Cici Karmila Sari_1813040101_Bab V-Daftar Pustaka - Nabila Permata indah.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Fulltext)
Cici Karmila Sari_1813040101_Fulltext - Nabila Permata indah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Perlindungan Hukum Bagi Kurir Terhadap Wanprestasi Yang Dilakukan Konsumen Dalam Transaksi COD Di Nagari Balah Hilia, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman". Disusun oleh Cici Karmila Sari /1813040101 Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah UIN Imam Bonjol Padang Penelitian ini dilatar belakangi adanya wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam transaksi COD di Nagari Balah Hilia Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Wanprestasi yang di lakukan konsumen menambah pekerjaan kurir yang hanya bertugas mengantarkan paket, untuk itu perlu dilakukan penelitian. Berdasarkan latar belakang diatas pertanyaan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kasus wanprestasi konsumen dalam transaksi COD di Nagari Balah Hilia? 2) Bagaimana upaya kurir terhadap wanprestasi dalam transaksi COD3) Bagaimana perlindungan hukum terhadap wanprestasi dalam transaksi COD? Pada skripsi ini untuk mengumpulkan bahan dengan melakukan penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara atau observasi kepada pihak yang terkait dan mengunakan buku-buku perlindungan konsumen, serta buku-buku lainnya. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat digambarkan bahwa transaksi COD yang dilakukan konsumen di Nagari Balah Hilia sudah memenuhi syarat dan cara bertransaksi, Sedangkan wanprestasi yang terjadi pada kurir yang dilakukan konsumen pada saat transaksi COD yang tidak memenuhi kewajibannya secara sempurna dan ataupun lalai dalam pemenuhan kewajibannya. Wanprestasi yang dilakukan konsumen saat bertransaksi COD yaitu ketika barang pesanan telah sampai tetapi tidak sesuai dengan yang dipesan, dan meminta kembali uang pembayaran yang telah disepakati sesuai dengan kesepakatan. Wanprestasi ini terjadi karena kelalaian konsumen yang tidak memenuhi kewajibannya atau ingkar janji. Menurut perlindungan hukum masing-masing pihak yang terikat dalam kesepakatan bertransaksi mesti memenuhi kewajiban sesuai dengan isi perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:47
Last Modified: 05 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item