ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS RENDAH SD/MI

GERY, AFRIA IRMAN (2022) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS RENDAH SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
geri afria irman_1514070085_pgmi_cover daftar gambar - Geri Irman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gery Afria Irman_1514070085_BAB 1 - Geri Irman.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Gery Afria Irman_1514070085_BAB 2 - Geri Irman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
Gery Afria Irman_1514070085_BAB 3 - Geri Irman.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Gery Afria Irman_1514070085_BAB 4 - Geri Irman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Gery Afria Irman_1514070085_BAB 5-daftr pustaka - Geri Irman.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Geri afria irman_1514070085_pgmi_fulltext - Geri Irman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Berorientasi Multiple Intelegences di Kelas Rendah SD/MI, ditulis oleh Gery Afria Irman, NIM 1514070085, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Unifersitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelalangi oleh kurangnya pemahaman pendidik terhadap intelegence peserta didik. Mengacu pada permasalahan tersebut, bahwa pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence dapat mengembangkan berbagai kecerdasan peserta didik dalam pembelajaran. Peran pendidik sangat dibutuhkan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences pada peserta didik sekolah dasar. Pendidik harus menyadari pentingnya pembelajaran dengan tidak hanya menekankan satu kecerdasan akan tetapi juga menggali kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis sejauh mana pendidik kelas rendah SD/MI Mampu menerapkan pembelajaran tematik berorientasi pada multiple intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu, memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya pengembangan Research and development (R&D). Sumber data yang menjadi bahan dalam penelitian ini berupa buku, jurnal dan situs internet yang terkait dengan topik yang telah dipilih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analisis. Teknik Analisis data pada penelitian kepustakaan ini adalah analisis pada saat pengumpulan data, ini ditujukan untuk lebih menangkap esensi atau inti dari fokus penelitian yang akan dilakukan melalui sumber-sumber yang dikumpulkan dan terkandung dalam rumusan verbal kebahasaan, proses ini dilakukan aspek demi aspek, sesuai dengan peta penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukan terdapat penerapan pembelajaran tematik di kelas rendah SD/MI sangat mendukung pengembangan multiple intelegences (kecerdasan majemuk) peserta didik. Hal ini dikuatkan data bahwa 9 kecerdasan yang dimiliki peserta didik diterapkan pada buku-buku tema kelas 2 SD/MI Tema 1 "hidup rukun" Subtema I "hidup rukun dirumah". Kata Kunci : Pembelajaran Tematik dan Multiple Intelegences

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:39
Last Modified: 05 Oct 2022 04:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item