PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD/MI

Chintia, Mayrulia Zuraida (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_Cover, DLL - 0034 Chintia Mayrulia.pdf

Download (939kB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_BAB I - 0034 Chintia Mayrulia.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_BAB II - 0034 Chintia Mayrulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_BAB III - 0034 Chintia Mayrulia.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_BAB IV - 0034 Chintia Mayrulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_BAB V, Pustaka - 0034 Chintia Mayrulia.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Chintia Mayrulia Zuraida_1814070034_Fulltext - 0034 Chintia Mayrulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD/MI, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya multimedia interaktif yang konseptual dan konkret dalam menunjang meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, beberapa penelitian telah mengembangkan multimedia pembelajaran dan multimedia tersebut hanya terfokus pada satu mata pelajaran saja dan belum memunculkan berpikir kritis peserta didik. Tak hanya itu peserta didik terlihat bosan dalam melakukan proses pembelajaran karena multimedia yang digunakan hanya media gambar. Melalui penggunaan multimedia interaktif ini, pendidik dapat mengurangi metode ceramah yang biasa digunakan dalam pembelajaran, sehingga peneliti mengembangkan multimedia interaktif untuk mengetahui bagaimana validitas, praktikalitas, dan efektivitas multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 tema daerah tempat tinggalku untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 09 Air Pacah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas, dan lembar soal tes efektivitas. Uji validasi multimedia pembelajaran diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek kriteria bahasa, media, dan materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 10 peserta didik di SDN 09 Air Pacah dinilai dari aspek efesiensi waktu, kemudahan penggunaan multimedia, dan manfaat multimedia. Uji efektivitas diberikan kepada 10 orang peserta didik di SDN 09 Air Pacah yang dinilai dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik. Produk yang dihasilkan sudah dikategorikan valid, praktis, dan efektif. Multimedia interaktif dinyatakan valid dari segi bahasa, materi, dan media diperoleh nilai 96,24% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media oleh pendidik diperoleh nilai 97,5% dan peserta didik diperoleh nilai 98,57% dengan kategori sangat praktis. Keefektivan media dari segi meningkatkan berpikir kritis peserta didik diperoleh nilai 84,25% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif serta dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Media Interaktif, Pembelajaran Tematik, Articulate Storyline 3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:08
Last Modified: 05 Oct 2022 04:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item