PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI

Adisha, Ade Insani Laura (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Coverr (1) - adisha ade.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Bab1 - adisha ade.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Bab2 - adisha ade.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Bab3 - adisha ade.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Bab4 - adisha ade.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Bab5 - adisha ade.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Adisha Ade Insani Laura_1814070006_Fulltext - adisha ade.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Pengembangan Media Animasi Berbasis Canva Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik di SD/MI, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 100 Halaman. Penelitian ini di latarbelakangi karena rendahnya keterampilan berpikir kritis di Sekolah Dasar. Pertama Sekolah Dasar masih menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik. Kedua kurangnya bahan ajar atau sumber materi yang akan diajarkan. Maka penulis perlu menganalisis suatu media animasi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan herhasis aplikasi canva. Dengan tujuan pengembangan dari segi valid, praktis dan cfcktif Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dengan tahapan Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Dessiminate). Melalui instrumen berupa angket validasi, angket praktikalitas, dan tes efektifitas berupa soal essay. Uji validasi media dinilai dari aspek bahasa, materi, dan media. Uji praktikalitas oleh pendidik yang menilai aspek efesiensi waktu, kemudahan penggunaan media, dan manfaat media. Uji efcktifitas kepada peserta didik di SD N 14 Pasaman dinilai dari aspek kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Animasi Berbasis Canva yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, mengacu pada hasil penilaian validator dengan rata-rata nilai validitas 89%, sedangkan untuk hasil penilaian praktikalitas dengan rata-rata 88% dan keefektifan Media animasi berbasis canva dari segi kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai 91% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan Media Animasi Berbasis Canva dengan kriteria valid, praktis dan efektif serta dapat melatih kemampuan berpikir kritis pesera didik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Animasi, Canva, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:55
Last Modified: 05 Oct 2022 03:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item