PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 08 PASAMAN BARAT

YERIKA, ELESYA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 08 PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Yerika Elesya_1814070112_cover ok - Yerika Elesya.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Yerika elesya_1814070112_Bab I - Yerika Elesya.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Yerika elesya_1814070112_ Bab II - Yerika Elesya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
Yerika elesya_1814070112_ Bab III - Yerika Elesya.pdf

Download (964kB)
[img] Text
Yerika elesya_1814070112_Bab IV - Yerika Elesya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yerika elesya_1814070112_Bab V - Yerika Elesya.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Yerika Elesya_1814070112_fullteks - Yerika Elesya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook pada pembelajaran tematik kelas V SDN 08 Pasaman Barat. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) Pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik sehingga pembelajaran menjadi pasif dan monoton yaitu selalu menggunakan bahan ajar cetak sehingga tidak adanya nuansa baru dalam proses pembelajaran (2) Penggunaan media yang kurang dalam proses pembelajaran serta daya minat peserta didik dalam belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang kurang, (3) Sulitnya pendidik menginteraksi mata pelajaran kepada peserta didik (4) Rendahnya daya minat peserta didik dalam proses membaca (literasi) (5) Sulitnya mengubah pola pikir pendidik yaitu perubahan proses pembelajaran dari pendidik berpusat pada peserta didik Tujuan dalam penulisan ini untuk memberikan proses pembelajaran yang bernuansa baru yang dilengkapi dengan video pembelajaran, musik, sound, backsound, sentuhan warna, dan backround yang menarik agar peserta didik lebih bersemangat dan termotivasi dalam proses belajar serta pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook dapat peserta didik gunakan dalam belajar mandiri dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang bernuansa baru dan menarik dengan bahan ajar e-modul berbasis flipbook. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah R&D dengan prosedural penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono dengan langkah pengembangan, yaitu (1) Tahap Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Perbaikan Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, Produk Bahan Ajar EModul berbasis Flipbook divalidasi oleh Validator ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Berdasarkan data penilaian ahli materi 3, 54 dengan kategori “sangat valid”, penilaian ahli media 3, 92 dengan kategori “sangat valid” dan ahli bahasa 3, 25 dengan kategori “ sangat valid” serta penilaian di lapangan pada kelas V, SDN 08 Pasaman Barat dengan Penilaian pratikalitas 3, 78 dikategorikan “ sangat valid” efektifitas 3,44 dikategorikan “sangat valid” soal tes objektif efektivitas 3, 44 dikategorikan “sangat valid”. Sehingga bahan ajar e-modul berbasis flipbook dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Bahan Ajar, E-Modul,Flipbook

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:08
Last Modified: 05 Oct 2022 03:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item