EFEKTIVITAS METODE PEMBERIAN TUGAS OLEH GURU DI SD NEGERI 37 ANDURING

TRI, WINDY MAWADDAH SARI (2022) EFEKTIVITAS METODE PEMBERIAN TUGAS OLEH GURU DI SD NEGERI 37 ANDURING. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll - Tri windy Mawaddah sari.pdf

Download (798kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Bab I - Tri windy Mawaddah sari.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Bab II - Tri windy Mawaddah sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Bab III - Tri windy Mawaddah sari.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Bab IV - Tri windy Mawaddah sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_Bab V-Daftar Pustaka - Tri windy Mawaddah sari.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Tri Windy Mawaddah Sari_1814070091_fulltext - Tri windy Mawaddah sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

“Efektivitas Metode Pemberian Tugas Oleh Guru di SD Negeri 37 Anduring”. yang disusun oleh Tri Windy Mawaddah Sari, NIM: 1814070091. Pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efektivitas guru dalam metode pemberian tugas yang layak kepada peserta didik kelas IV SD Negeri 37 Anduring, sehingga peserta didik belum memahami bentuk tugas yang diberikan guru, dan mengakibatkan peserta didik tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas. Berdasarkan latar belakang masalah penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana mewujudkan bentuk tugas yang baik untuk peserta didik, bagaimana dampak ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Bentuk tugas yang baik untuk peserta didik, (b) Bagaimana dampak ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument utama adalah penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mewujudkan bentuk tugas yang baik untuk peserta didik, berdasarkan indikator bentuk tugas yang baik menunjukkan bahwa guru kurang efektif dalam metode pemberian tugas, guru memberikan tugas berdasarkan apa yang diingat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru meminta peserta didik membaca materi yang ada pada buku LKS kemudian memberikan tugas. Namun, tugas yang diberikan tidak hanya pada materi yang dibaca tetapi ditambah dengan materi yang belum dibaca oleh peserta didik. Guru menganggap bahwa peserta didik sanggup dalam mengerjakan tugas yang diberikan tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu. Apabila kegiatan tersebut dilaksanakan secara terus menerus maka berdampak buruk bagi peserta didik, seperti peserta didik tidak termotivasi dalam belajar dan memicu kejenuhan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, dampak ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas menunjukkan bahwa guru dalam memberikan tugas tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang tugas yang diberikan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas tersebut menyebabkan dalam mengumpulkan tugas tidak tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan oleh guru. Hal ini dikarenakan peserta didik lama berpikir yang menyebabkan peserta didik menjadi jenuh dan banyak bermain ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:43
Last Modified: 05 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item