PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 37 ANDURING MELALUI ALAT PERAGA TOL GARIS BILANGAN

TIARA, ANNISA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 37 ANDURING MELALUI ALAT PERAGA TOL GARIS BILANGAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_Cover_ dll - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_BAB I - Desy Wahyuni.pdf

Download (598kB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_BAB II - Desy Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_BAB III - Desy Wahyuni.pdf

Download (597kB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_BAB IV - Desy Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_BAB V dan Daftar Pustaka - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf

Download (365kB)
[img] Text
TiaraAnnisa_1814070115_Fulltext_ (2) - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 37 Anduring Melalui Alat Peraga Tol Garis Bilangan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 70 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika khususnya materi operasi hitung bilangan bulat di SDN 37 Anduring yang masih rendah. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran pendidik masih menggunakan metode konvensional dan tidak menggunakan media sehingga peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran yang diberikan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan alat peraga tol garis bilangan dalam pembelajaran matematika khususnya materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya peningkatan pada hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan alat peraga tol garis bilangan dengan sebelum diterapkannya alat peraga tol garis bilangan, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga tol garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental dengan desain penelitian One shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 37 Anduring padang tahun ajaran 2021/2022 dan sampel penelitian adalah kelas IV A dengan jumlah peserta didik 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes dan angket respon peserta didik. Data hasil tes diuji menggunakan t-test satu pihak kanan sedangkan data respon peserta didik dilakukan dengan menghitung rata-rata jawaban positif peserta didik kemudian dikonversikan de dalam tabel kriteria respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik melalui alat peraga tol garis bilangan pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan menggunakan pengujian pihak kanan diperoleh thitung = 5,028 kemudian dikonsultasikan ke tabel distribusi t satu pihak dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,7207. Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan alat peraga tol garis bilangan yaitu 84,4 meningkat dari hasil belajar matematika peserta didik sebelum menggunakan alat peraga tol garis bilangan dengan rata-rata 69,5. Peningkatan yang terjadi sebesar 14,8 atau 9,6%. Hasil analisis data respon peserta didik, diketahui dari seluruh peserta didik kelas IV-A SDN 37 Anduring yang berjumlah 22 orang didapatkan rata-rata skor angket adalah 3,76. Apabila dikonfersikan kedalam tabel kriteria respon peserta didik maka skor 3,76 mendapatkan nilai B. Hal ini berarti respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga tol garis bilangan adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:37
Last Modified: 05 Oct 2022 02:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item