PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V di MIN 7 AGAM

SURYANI, SURYANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V di MIN 7 AGAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Suryani_1814070059_Cover dll - suryani yani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Bab I - suryani yani.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Bab II - suryani yani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Bab III - suryani yani.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Bab IV - suryani yani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Bab V - suryani yani.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Suryani_1814070059_Fulltext - suryani yani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

“Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di MIN 7 Agam”, Program S1 jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Tahun 1443 H/ 2022 M. Latar belakang dari penelitian adalah antusias belajar peserta didik rendah yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIN 7 Agam tahun ajaran 2021/2022 yang sebagian besar belum mencapai KKM yang ditetapkan Madrasah yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah kurang variasi pendidik dalam mengajar seperti penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik bagi peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) tersebut terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperimental Designs) dengan tipe desain Nonequivalent Control Group Design. Dimana teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Dengan sampel kelas Va sebanyak 17 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebanyak 16 orang sebagai kelas kontrol di MIN 7 Agam. Hasil penelitian dari pret test dan post test kedua kelas mendapatkan hasil yang berbeda. Berdasarkan analisis uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis (uji-t) dengan SPSS versi 26, maka diperoleh sig α dalam 2 arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Hal ini berarti H0 (tidak terdapat pengaruh Model CRH terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 7 Agam) di tolak dan Ha (terdapat pengaruh model CRH diterima. Artinya terdapat pengaruh hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Course Review horay (CRH) pada kelas V MIN 7 Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:19
Last Modified: 05 Oct 2022 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item