PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DADU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK

SERUNI, PUSPIRA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DADU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Seruni_1814070018_Cover, dll - 0018 Seruni Puspira.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Bab I - 0018 Seruni Puspira.pdf

Download (660kB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Bab II - 0018 Seruni Puspira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Bab III - 0018 Seruni Puspira.pdf

Download (791kB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Bab IV - 0018 Seruni Puspira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Bab V _ Daftar Pustaka - 0018 Seruni Puspira.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Seruni_1814070018_Fultexs - 0018 Seruni Puspira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

“Pengaruh Media Pembelajaran Dadu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SDN 09 Labuhan Tanjak”, ditulis oleh Seruni Puspira NIM 1814070018 jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca kata dan membaca kalimat sederhana, khususnya kesulitan dalam membaca kata yang berakhiran konsonan, menghilangkan huruf ketika membaca kalimat sederhana, dan membaca lancar. Sehingga berdampak pada hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas III yang berjumlah 46 peserta didik terdapat 27 peserta didik atau 58,68% yang berada di bawah KKM yang diterapkan sekolah yaitu 70. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media dadu kata bergambar dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dadu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas III UPT SDN 09 Labuhan Tanjak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan III B sebanyak 46 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah III A dan kelas kontrol adalah III B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 88,38%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan ɑ dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas III UPT SDN 09 Labuhan Tanjak. Kata kunci: Media Dadu Kata Bergambar, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:02
Last Modified: 04 Oct 2022 08:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item