PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 04 CUPAK KABUPATEN SOLOK

Sayyidatun, Kadhimah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 04 CUPAK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_Coverdll - Sayyidatun Kadhimah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_BAB I - Sayyidatun Kadhimah.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_BAB II - Sayyidatun Kadhimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_BAB III - Sayyidatun Kadhimah.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_BAB IV - Sayyidatun Kadhimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_BAB V - Sayyidatun Kadhimah.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Sayyidatun Kadhimah_1814070095_Full Text - Sayyidatun Kadhimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Di Kelas IV SDN 04 Cupak Kabupaten Solok; Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Imam Bonjol Padang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil keterampilan menulis karangan narasi peserta didik IV SDN 04 Cupak Kabupaten Solok yang masih rendah. Berdasarkan hasil keterampilan awal menulis karangan narasi bahwa dari 27 peserta didik di kelas IV, sebanyak 8 peserta didik dengan presentase 29,63% yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan sebanyak 19 peserta didik dengan presentase 70,37% tidak tuntas memperoleh nilai KKM. Kemudian rendahnya keterampilan menulis karangan narasi disebabkan oleh pendidik yang tidak memberikan pelatihan dalam menulis khususnya menulis karangan narasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV SDN 04 Cupak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan penelitian Pre- Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttestt Design, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas IV SDN 04 Cupak Kabupaten Solok tahun ajaran 2021/2022 dengan pengambilan sampel sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor data post-test menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV SDN 04 Cupak Kabupaten Solok lebih besar dari skor pre-test peserta didik (79 > 49), dengan analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh 26,446 > 2,0555 dan Sig. 0,001 < 0,05. Pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima ( diterima dan ditolak). Dapat disimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV SDN 04 Cupak Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:57
Last Modified: 04 Oct 2022 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item