PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V DI SD NEGERI 43 SUNGAI SAPIH

SAYYIDATURRAHMAH, SAYYIDATURRAHMAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V DI SD NEGERI 43 SUNGAI SAPIH. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Cover-1 - sayyidaturrahmah 16.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Bab I - Sayyidaturrahmah 16.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Bab II - Sayyidaturrahmah 16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Bab III-1 - Sayyidaturrahmah 16.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Bab IV - Sayyidaturrahmah 16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Bab V dan Daftar Pustaka - Sayyidaturrahmah 16.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Sayyidaturrahmah_1814070004_Fulltext - Sayyidaturrahmah 16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V di SD Negeri 43 Sungai Sapih, ditulis oleh Sayyidaturrahmah NIM 1814070004 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran ekspositori sehingga membuat siswa kurang memahami materi pembelajaran IPS. Kurangnya variasa model pembelajaran menyebabkan pembelajaran menjadi kaku dan siswa tidak memperhatikan pembelajaran sehingga merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil beajar kognitif siswa masih belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terlihat dari pencapaian KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model take and give dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD N 43 Sungai Sapih. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas V A dan V C. Pengambilan sampel dilakukan dengan adanya pertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V C dan kelas kontrol V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 64,09. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen 54,55% sedangkan pada kelas kontrol 36,36%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,001 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,001<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar kognitif siswa ditolak dan Ha diterima, yang artinya adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V di SD N 43 Sungai Sapih. Kata Kunci: Model Take and Give, Hasil belajar kognitif siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:51
Last Modified: 04 Oct 2022 07:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item