UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS V MIS MUALLIMIN TABEK KABUPATEN SOLOK

Rahima, Zakya (2022) UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS V MIS MUALLIMIN TABEK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_Cover, DLL - 0120 Rahimazakya.pdf

Download (696kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_BAB I - 0120 Rahimazakya.pdf

Download (290kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_BAB II - 0120 Rahimazakya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_BAB III - 0120 Rahimazakya.pdf

Download (156kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_BAB IV - 0120 Rahimazakya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_BAB V - 0120 Rahimazakya.pdf

Download (260kB)
[img] Text
RAHIMA ZAKYA_1814070120_Fulltext - 0120 Rahimazakya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Upaya Guru dalam Pemanfaatan Pojok Baca untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas V MIS Muallimin Tabek Kabupaten Solok. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas V MIS Muallimin Tabek. Rendahnya minat baca diatasi dengan adanya pojok baca yang terletak di sudut kelas. Pemanfaatan terhadap pojok baca ini dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan minat baca siswa di kelas V MIS Muallimin Tabek. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muallimin Tabek, bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muallimin Tabek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca di MIS Muallimin Tabek dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas V MIS Muallimin Tabek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muallimin Tabek, upaya guru dalam menumbuhkan minat baca siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Muallimin Tabek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca di kelas V MIS Muallimin Tabek sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MIS Muallimin Tabek dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu membuat dan menyepakati aturan ketika menggunakan dan membaca buku di pojok baca, tersedianya buku fiksi dan nonfiksi, mengajak dan mendorong peserta didik untuk memilih buku bacaan dan membaca di pojok baca. Upaya guru dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas V MIS Muallimin Tabek dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan mendorong anak bercerita tentang apa yang telah dibacanya, tukar buku dengan teman, menyediakan buku yang menarik minat baca siswa, menyediakan waktu membaca dan memberikan reward atau hadiah kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan pojok baca sangat efektif untuk menumbuhkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:57
Last Modified: 04 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item