IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SDN 27 SAGO

Niken, Zaramita (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SDN 27 SAGO. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_Cover, dll - Niken Zaramita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_Bab 1 - Niken Zaramita.pdf

Download (689kB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_Bab 2 - Niken Zaramita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_Bab 3 - Niken Zaramita.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_Bab 4 - Niken Zaramita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_bab 5-daftar pustaka - Niken Zaramita.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Niken Zaramita_1814070025_fulltext - Niken Zaramita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

“Implementasi Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas 1 UPT SDN 27 Sago”. Disusun oleh Niken Zaramita, NIM: 1814070025. Pada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang belum sesuai dengan kurikulum 2013, karena pendidik hanya melihat peserta didik yang lebih menonjol sikap spiritual dan sikap sosialnya. Instrumen penilaian berupa lembar observasi yang telah dibuat tidak digunakan begitu juga dengan penilaian diri dan penilaian antarteman. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana perencanaan penilaian, pelaksanaan, dan tindak lanjut penilaian sikap dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas 1 UPT SDN 27 Sago. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan penilaian sikap dalam pembelajaran tematik dengan merumuskan aspek yang akan dinilai, menentukan teknik penilaian dan instrumen penilaian serta pendidik juga memberitahukan kepada peserta didik bahwa akan melaksanakan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Kedua, pelaksanaan penilaian sikap dalam pembelajaran tematik belum dilaksanakan dengan maksimal sesuai dengan perencanaan, instrumen yang telah dibuat oleh pendidik pada tahap perencanaan tidak diisi pada saat proses pembelajaran, pendidik sering terkendala oleh waktu dalam pelaksanaan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Ketiga, tindak lanjut dalam penilaian sikap pembelajaran tematik, pendidik memutuskan nilai sikap peserta didik pada akhir semester dengan mempertimbangkan kemampuan sikap spiritual dan sikap sosial masing-masing peserta didik, pelaporan penilaian sikap diberikan satu kali dalam satu semester dalam bentuk deskripsi. pendidik juga memberikan tindak lanjut dalam penilaian sikap spiritual dan sikap sosial berupa teguran, nasehat dan bimbingan kepada peserta didik serta melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik. Kata kunci: Penilaian, sikap spiritual, sikap sosial, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:26
Last Modified: 04 Oct 2022 04:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item