PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

Kesi, Alyu Wisni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Cover-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Bab I-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Bab II-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Bab III-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Bab IV-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Bab V-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Produk PPT Inkuiri-Kesi Alyu Wisni - Kesi Awisni.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kesi Alyu Wisni_1814070103_Fulltext-Kesi Alyu Wisni.pdf - Kesi Awisni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Inkuiri Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1444H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervariasinya pendidik dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran pendidik jarang menggunakan media pembelajaran dan masih menggunakan buku paket dan media gambar yang terdapat pada buku tema dalam menjelaskan materi pelajaran, sehingga interaksi antara pendidik dan peserta didik berjalan kurang baik. Hal ini mengakibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran mudah bosan dan sering mengantuk, sering keluar kelas pada saat proses pembelajaran dan memilih bermain dengan temannya. Salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyediakan media pembelajaran Powerpoint berbasis inquiri terhadap minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dengan menggunakan media powerpoint berbasis inquiri terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI, (2) untuk menghasilkan media pembelajaran yang praktis dengan menggunakan media powerpoint berbasis inquiri terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD/M, (3) untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dengan menggunakan media powerpoint berbasis inquiri terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, angket pratikalitas dan angket minat belajar. Uji validasi media powerpoint diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari segi aspek bahasa, materi dan media. Uji pratikalitas diberikan kepada pendidik dan peserta didik di MIN 6 Pesisir Selatan, dinilai dari segi efesiensi waktu dan kemudahan penggunaan media powerpoint berbasis inquiri. Uji efektifitas diberikan kepada 16 peserta didik di MIN 6 Pesisir Selatan Dinilai dari aspek minat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, media powerpoint yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari presentase skor validasi dari segi bahasa, materi dan media diperoleh nilai 90.62% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media powerpoint diperoleh nilai 87.5% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media powerpoint diperoleh nilai 85% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media powerpoint berbasis inquiri pada pembelajaran tematik dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Kata Kunci: Powerpoint, Inquiri, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:18
Last Modified: 04 Oct 2022 04:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item