IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

HALIMATUL, SHADYA (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_cover, dll - 0011 Halimatul Shadya.pdf

Download (5MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_BAB 1 - 0011 Halimatul Shadya.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_BAB II - 0011 Halimatul Shadya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_BAB III - 0011 Halimatul Shadya.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_BAB IV - 0011 Halimatul Shadya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_bab v dan dftar pustaka - 0011 Halimatul Shadya.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALIMATUL SHADYA_ 1814070011_Full Text_New - 0011 Halimatul Shadya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

“Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika” ditulis oleh Halimatul Shadya NIM 1814070011, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika, kurangnya minat belajar peserta didik, peserta didik kurang aktif dan masih malu mengeluarkan pendapat, strategi yang sering digunakan belum bervariasi, dan peserta didik jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menerapkan strategi konsep matematika dengan index card match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran cooperative learning tipe index card match terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Cooperative Learning Tipe Index Card Match. Desain Penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah peserta SDN 23 Balik Gunung Kab.Pesisir selatan Kec.Linggo Sari Baganti. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Setelah dilakukan analisis data, menunjukkan populasi normal, homogen dan mempunyai kesamaan ratarata, kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan uji Liliefors yang dilakukan terhadap nilai posttest kelas eksperimendan kelas control berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Uji hipotesis pada penelitian ini adalah dengan uji- t untuk melihat kemampuan strategi pembelajaran cooperative learning tipe index card match terhadap pemahaman konsep matematika dan menggunakan model konvensional. Dari daftar distribusi t dengan taraf nyata 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 27 + 28 - 2 = 53 diperoleh t-tabel = 2,09302 sedangkan t-hitung = 6,5835. Sehinhgga t-hitung t-tabel yaitu 6,5835 2,00575 maka Ha diterima dan H0 ditolak. jadi dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam strategi pembelajaran cooperative learning tipe index card match terhadap pemahaman konsep matematika pada taraf nyata 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Index Card Match dan Pemahaman Konsep Matematika i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:58
Last Modified: 04 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item