PENYALURAN DANA PROGRAM KARTU PRAKERJA MELALUI CALO DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat)

Afnitia, Fariski (2022) PENYALURAN DANA PROGRAM KARTU PRAKERJA MELALUI CALO DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Afnitia Fariski_1813040025_Cover,dll - Afnitia Fariski.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Afnitia Fariski_1813040025_Bab I - Afnitia Fariski.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab2)
Afnitia Fariski_1813040025_Bab II - Afnitia Fariski.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Afnitia Fariski_1813040025_Bab III - Afnitia Fariski.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (Bab 4)
Afnitia Fariski_1813040025_Bab IV - Afnitia Fariski.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text (Bab 5)
Afnitia Fariski_1813040025_Bab V-Daftar Pustaka - Afnitia Fariski.pdf - Published Version

Download (768kB)
[img] Text (Fulltext)
Afnitia Fariski_1813040025_Full Text - Afnitia Fariski.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penyaluran Dana Program Kartu Prakerja melalui Calo dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat)” disusun oleh Afnitia Fariski 1813040025. Mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini yaitu adanya kebijakan pemerintah terkait usaha pemulihan sektor perekonomian yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, yaitu dengan mengeluarkan kebijakan kartu prakerja. Program kartu prakerja hadir untuk meningkatkan kompetensi kerja agar tercipta sumber daya manusia (SDM) unggul dan maju melalui pelatihan. Penelitian ini bertujuan mengkaji praktek calo dalam penyaluran dana program kartu prakerja, dengan rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana penyaluran dana program kartu prakerja melalui calo di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dalam perspektif hukum Islam”. Adapun pertanyaan penelitian yaitu: (1) Apa latar belakang munculnya calo di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dalam penyaluran dana program kartu prakerja? (2) Bagaimana tanggapan Dinas Sosial Pasaman Barat tentang adanya calo dalam penyaluran dana program kartu prakerja di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat? (3) Bagaimana praktek calo dalam penyaluran dana program kartu prakerja perspektif hukum Islam? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan cara wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang munculnya calo di Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dalam penyaluran dana program kartu prakerja karena masyarakat tidak mengetahui dan tidak mengerti tentang langkah-langkah dan prosedur dalam mendaftarkan kartu prakerja. (2) Tanggapan Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat tentang adanya calo dalam penyaluran dana program kartu prakerja di Kecamatan Sungai Aur bahwa mereka tidak mengetahui adanya calo di tengah masyarakat. Sekalipun bermanfaat itu hanya mengenai keuntungan materi saja. (3) Praktek calo dalam penyaluran dana program kartu prakerja di Sungai Aur dalam perspektif hukum Islam sah menurut hukum simsar, sudah terpenuhi rukun dan syarat simsar. Namun seharusnya calo memberitahukan kepada pengguna jasa calo tentang bayaran upahnya agar tidak terjadi permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:06
Last Modified: 04 Oct 2022 03:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item