IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 18 TEBING TINGGI KABUPATEN PESISIR SELATAN

PUJI, SANTIKA (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 18 TEBING TINGGI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_COVER - Fuji Santika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_BAB I - Fuji Santika.pdf

Download (655kB)
[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_BAB II - Fuji Santika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_BAB III - Fuji Santika.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_BAB IV - Fuji Santika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
FUJI SANTIKA_1814070017_BAB V DAFTAR PUSTAKA - Fuji Santika.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Fuji Santika_1814070017_fulltext - Fuji Santika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

“Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik di Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Pesisir Selatan”. Disusun oleh Fuji Santika, NIM: 1814070017. Pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Pesisir Selatan sudah dilaksanakan di sekolah tersebut, terlihat bahwa pendidik sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif. Salah satu tipe yang di terapkan di SD Negeri 18 Tebing Tinggi yaitu tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik (b) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik. (c) Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik di Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik yang di lakukan pendidik sudah sesuai dengan apa yang di rancang oleh pendidik. Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sudah dilaksanakan pendidik dengan menempuh langkah-langkah yang telah disusun dalam RPP yang dibuat sebelumnya dan sudah sesuai dengan teori Huda yang mana pembelajaran dilakukan dengan mencocokkan kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sangat memuaskan hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang tuntas dan sedikitnya peserta didik yang remedi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:49
Last Modified: 04 Oct 2022 02:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item