PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS TI KOTO PANJANG PAYAKUMBUH

DONA, MULIANA (2022) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS TI KOTO PANJANG PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dona Muliana_1814070101_cover pengesahan dll - dona muliana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_ BAB 1_Dona Muliana - dona muliana.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_ BAB II_Dona Muliana - dona muliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_ BAB III_Dona Muliana - dona muliana.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_ BAB IV_Dona Muliana - dona muliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_ BAB V_Dona Muliana - dona muliana.pdf

Download (600kB)
[img] Text
Dona Muliana_1814070101_fulltext_Dona Muliana - dona muliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIS TI Koto Panjang Payakumbuh. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 76 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di MIS TI Koto Panjang Payakumbuh, terbukti dari banyaknya hasil belajar peserta didik yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75. Rendahnya hasil belajar peserta didik juga disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik cenderung hanya menerima penjelasan dari pendidik saja sehingga peserta didik merasa bosan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik tidak meningkat, salah satu model yang bisa mengatasi permasalahan tersebut adalah model Quantum Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik materi tema 9 Kayanya Neggeriku sub tema 3 pelestarian sumber daya alam di Indonesia kelas IV di MIS TI Koto Panjang Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIS TI Koto Panjang Payakumbuh yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Dimana kelas IV B MIS TI Koto Panjang Payakumbuh sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A MIS TI Koto Panjang Payakumbuh sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (T-test). Teknik analisis data tersebut menggunakan bantuan program SPSS 28. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 78,50 dan kelas kontrol adalah 67,88. Uji hipotesis menggunakan uji-t (Ttest) dengan taraf signifikan 95% diperoleh nilai signifikansi 1 tailed adalah 0,003 < 0,05 dengan α = 0,05 dan nilai, 2,883 > 2.042. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample Test, dapat disimpulkan diterima dan ditolak. Hal ini terbukti model Quantum Learning memberikan pengaruh positif tehadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku sub tema 3 Pelastarian Sumber Daya Alam di Indonesia di MIS TI Koto Panjang Kota Payakumbuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:44
Last Modified: 04 Oct 2022 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11187

Actions (login required)

View Item View Item