PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 MIN 6 KOTA PADANG

DINA, MARLINA (2022) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 MIN 6 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Cover,dll - Dina Marlina.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Bab 1 - Dina Marlina.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Bab II - Dina Marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Bab III - Dina Marlina.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Bab IV - Dina Marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_Bab V_daftar pustaka - Dina Marlina.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Dina Marlina_1814070060_fulltext - Dina Marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

“Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Min 6 Kota Padang” jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang harus didukung dengan interaksi antara guru dan peserta didik secara efektif. Peserta didik yang belum lancar membaca dan tidak mempunyai minat pada saat pembelajaran harus dicari solusi untuk mengatasinya karena akan berdampak pada hasil membaca peserta didik yang rendah. Salah satu solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang kurang menarik yaitu dengan penggunaan media Big Book. media ini diharapkan mampu membantu peserta didik dalam pembelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran membaca permulaan peserta didik dengan menggunakan media Big Book di kelas 1 MIN 6 Kota Padang, bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan peserta didik dengan menggunakan media Big Book di kelas 1 MIN 6 Kota Padang, dan bagaimana evaluasi pembelajaran membaca permulaan peserta didik dengan menggunakan media Big Book di kelas 1 MIN 6 Kota Padang. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas 1 yang berjumlah 29 orang dan guru kelas 1 MIN 6 Kota Padang serta sumber data yang lainnya. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama perencanaan pembelajaran membaca permulaan dilakukan dengan menentukan subtema, materi yang akan dimuat ke dalam Big Book. Kedua pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dilakukan dengan langkah-langkah guru membuka dengan salam dan membaca do’a, guru menyapa dan menanyakan kondisi peserta didik, guru mencek kehadiran dan kesiapan peserta didik, guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, pembelajaran dimulai dengan guru meminta peserta didik untuk melihat dan menyebutkan gambar yang ada pada media Big Book, guru dan peserta didik membaca teks yang ada dibawah gambar secara bersamaan, setelah semua teks dibaca, guru meminta satu persatu peserta didik untuk maju kedepan membacakan teks tersebut, bagi peserta didik yang belum maju kedepan diminta untuk menyimak dan memperhatikan bacaan yang dibaca oleh temannya. Ketiga evaluasi pembelajaran membaca permulaan dilakukan guru setiap hari setelah selesai pembelajaran, guru akan mengadakan tes membaca kepada peserta didik dan memberikan tugas atau latihan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku siswa, dan guru juga mengadakan kuis untuk mengambil nilai keaktifan peserta didik. Kata Kunci: Media Big Book, Membaca Permulaan, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:39
Last Modified: 04 Oct 2022 02:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item