EKSISTENSI BADAN MUSYAWARAH (BAMUS) NAGARI SEBAGAI LEMBAGA LEGISLATIF DI NAGARI PADANG LAWEH KECAMATAN SUNGAI PUA KABUPATEN AGAM

Afdal, Bil Ma'ruf (2022) EKSISTENSI BADAN MUSYAWARAH (BAMUS) NAGARI SEBAGAI LEMBAGA LEGISLATIF DI NAGARI PADANG LAWEH KECAMATAN SUNGAI PUA KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Cover, dll - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Bab I - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (Bab 2)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Bab II - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text (Bab 3)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Bab III - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (Bab 4)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Bab IV - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text (Bab 5)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Bab V - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (Fulltext)
Afdal Bil Ma_ruf_1713040064_Fulltext - Afdal Bil ma_ruf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Eksistensi Badan Musyawarah (BAMUS) Nagari Sebagai Lembaga Legislatif Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam”. Disusun oleh Afdal Bil Ma’ruf, Nim. 1713040064. Mahasiawa Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya eksistensi bamus nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam, terlihat dari kurang maksimalnya tugas, fungsi dan wewenang dari bamus nagari dan adanya kendala-kendala yang dihadapi oleh bamus nagari Padang Laweh. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran bamus nagari sebagai badan pengawas penyelenggaraan pemerintah nagari di Nagari Padang Laweh, bagaimana bamus nagari dalam menyusun peraturan nagari di Nagari Padang Laweh, bagaimana bamus nagari Padang Laweh menampung aspirasi masyarakat Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hukum empiris dengan pengumpulan data langsung ke lapangan (field research). Sumber data dari penelitian ini adalah anggota bamus nagari Padang Laweh, wali nagari beserta perangkat nagari Padang Laweh, serta masyarakat nagari Padang Laweh yang dilibatkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara melakukan wawancara langsung dengan beberapa pihak yaitu anggota bamus nagari Padang Laweh, perangkat nagari Padang Laweh, dan tokoh-tokoh masyarakat (niniak mamak, alim ulama dan pemuda nagari) dan melalui dokumentasi. teknik analisis data mengunakan metode deduktif, yakni penarikan kesimpulan yang berasal dari pengetahuan yang bersifat umum kepada pengetahuan yang bersifat khusus. Hasil dari penelitian ini adalah pengawasan yang dilakukan oleh bamus nagari terhadap pemerintahan nagari Padang Laweh sudah dilaksanakan namun belum maksimal, masih ada hal yang belum bisa diawasi oleh bamus nagari Padang Laweh, bamus nagari Padang Laweh belum mengeluarkan produk hukum, dan dalam menampung aspirasi masyarakat bamus nagari sudah terlaksana namun dirasa masih kurang, karena hanya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mutiara Shalehah Misbah
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:44
Last Modified: 03 Oct 2022 08:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item