EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD SABBIHISMA 1 PADANG

HAYATUR, RIDHA (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD SABBIHISMA 1 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_cover dll - Hayatur Ridha.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_BAB I - Hayatur Ridha.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_BAB II - Hayatur Ridha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_BAB III - Hayatur Ridha.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_BAB IV - Hayatur Ridha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_BAB V d pustaka - Hayatur Ridha.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Hayatur Ridha_1514070056_fullteks - Hayatur Ridha.pdf

Download (1MB)

Abstract

“Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang”. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik terutama pada pembelajaran matematika. Rendahnya pemahaman peserta didik salah satunya disebabkan kurangnya pengunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran serta pendidik belum mengunakan media alternatif seperti media video pembelajaran. Media video pembelajaran merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik terhadap pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas IV SD Sabbihisama 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (quasi experiment). Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi yang digunakan adalah kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang dengan teknik purposive, sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri atas dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang menggunakan dan tanpa menggunakan media video pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah tes. Uji persyaratan analisis dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pemahaman konsep matematika tanpa menggunakan media video pembelajaran kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang yaitu 78,70. Rata-rata nilai pemahaman konsep matematika menggunakan media video pembelajaran kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang yaitu 91,05. Berdasarkan uji-t hasil perolehan thitung ini dibandingkan dengan ttabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95%. Thitung > Ttabel (5,5>1,71) maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media video pembelajaran. Kata kunci : Efektifitas, pemahaman konsep dan video pembelajaran“Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang”. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik terutama pada pembelajaran matematika. Rendahnya pemahaman peserta didik salah satunya disebabkan kurangnya pengunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran serta pendidik belum mengunakan media alternatif seperti media video pembelajaran. Media video pembelajaran merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik terhadap pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas IV SD Sabbihisama 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (quasi experiment). Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi yang digunakan adalah kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang dengan teknik purposive, sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri atas dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang menggunakan dan tanpa menggunakan media video pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah tes. Uji persyaratan analisis dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pemahaman konsep matematika tanpa menggunakan media video pembelajaran kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang yaitu 78,70. Rata-rata nilai pemahaman konsep matematika menggunakan media video pembelajaran kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang yaitu 91,05. Berdasarkan uji-t hasil perolehan thitung ini dibandingkan dengan ttabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95%. Thitung > Ttabel (5,5>1,71) maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media video pembelajaran. Kata kunci : Efektifitas, pemahaman konsep dan video pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:54
Last Modified: 03 Oct 2022 07:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item