PELAKSANAAN NAFKAH IDAH TERHADAP ISTRI YANG DITALAK DALAM KEADAAN HAMIL (Studi Kasus di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota)

DESFIA, RAHMADINA (2022) PELAKSANAAN NAFKAH IDAH TERHADAP ISTRI YANG DITALAK DALAM KEADAAN HAMIL (Studi Kasus di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Desfia Rahmadina_1813010083_cover dkk - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Desfia Rahmadina_1813010083_Bab I - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version

Download (865kB)
[img] Text (Bab 2)
Desfia Rahmadina _1813010083_Bab II - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Desfia Rahmadina_1813010083_Bab III - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (Bab 4)
Desfia Rahmadina_1813010083_bab IV - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Desfia Rahmadina_1813010083_bab v-pustaka - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Desfia Rahmadina_1813010083_full text - Desfia Rahmadina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pelaksanaan Nafkah Idah Terhadap Istri Yang Ditalak Dalam Keadaan Hamil (Studi Kasus Di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota ) disusun oleh Desfia Rahmadina NIM.1813010083. Prodi Hukum Keluarga, Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota terdapat kasus di mana suami tidak memberikan nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil. Berdasarkan hal tersebut, masalah yang akan penulis teliti adalah bagaimana pelaksanaan nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil oleh suami di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota? Dengan pertanyaan penelitian: pertama, bagaimana pelaksanaan nafkah idah oleh suami terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil di Kenagarian Koto Tinggi? Kedua, apa faktor penyebab suami tidak memberikan nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil di Kenagarian Koto Tinggi? Penelitian ini dikategorikan kepada penelitian empiris yaitu penelitian dengan adanya data-data lapangan yang sumber data utamanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya yaitu: pertama, Pemberian nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil di Kenagarian Koto Tinggi belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dari 4 orang istri yang ditalak dalam keadaan hamil, yang memberikan nafkah idah sebagian 1 orang, dan yang tidak ada diberikan nafkah idah sama sekali ada 3 orang. Kedua, Faktor penyebab suami tidak membayarkan nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota yang pertama adalah karena kurangnya rasa tanggung jawab suami terhadap istri. Hal ini dapat dilihat dari 3 orang suami yang sama sekali tidak ada memberikan nafkah idah terhadap istrinya. Faktor ekonomi juga turut menjadi penyebab suami tidak memberikan nafkah idah terhadap istri yang ditalak dalam keadaan hamil. Hal ini dapat dilihat dari salah satu suami yang hanya memberikan sebagian nafkah idah terhadap istrinya yang ditalak dalam keadaan hamil karena kurangnya penghasilan suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Unnamed user with email cucu@admin.com
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:25
Last Modified: 03 Oct 2022 05:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11140

Actions (login required)

View Item View Item