NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12 SAMPAI 19 DAN RELEVANSINYA DI MADRASAH

Hus, Firmansyah (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12 SAMPAI 19 DAN RELEVANSINYA DI MADRASAH. Masters thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PEMIMBING)
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (FILE FULL TESIS)
FILE FULL TESIS.pdf - Published Version

Download (934kB)

Abstract

Hus Firmansyah, NIM : 088172691. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam al-Qur’an, Surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah. Tesis. Padang: Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Tahun 2019. Permasalahan tesis ini di latar belakangi adanya salah satu surat yang menjelaskan tentang pendidikan karakter ini ialah surat Luqman ayat 12 sampai 19. Di sana Luqman menjelaskan dua fungsi yaitu sebagai orang tua dan pendidik di dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anaknya. Di sini untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut tidak bisa di lakukan oleh guru saja, tetapi harus ada kerjasama antara orang tua dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah ?. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan yang terdapat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah. 2). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yang terdapat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah. 3). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama yang terdapat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah. 4). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan yang terdapat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12 sampai19 dan Relevansinya di Madrasah. 5). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan yang terdapat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12 sampai 19 dan Relevansinya di Madrasah. ah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Reseaarch, yang fokus mengkaji literatur yang ada di pustaka. Penulis menggunakan sumber data primer dan skunder dari buku-buku tafsir dan buku-buku pendidikan lainnya. Metode tafsir yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah metode tafsir maudhu’i. Berdasarkan temuan dapat di peroleh hasil penelitian yang penulis lakukan, maka penulis menyimpulkan, bahwasanya nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19, sangat banyak mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di dalam membentuk anak didik yang berkarakter Islami sesuai dengan tuntutan ajaran Islam. Di dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 sudah di jelaskan nilai-nilai apa saja yang harus di tanamkan kedalam diri peserta didik sejak dini. Pertama, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan tuhan yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai Tauhid, nilai bersyukur, nilai larangan untuk syirik dan nilai ibadah. Adapun Relevansinya di madrsah seperti membaca do’a, mengucapkan salam. Kedua, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan diri sendiri yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai bertanggung jawab, nilai disiplin dan nilai percaya diri. Adapun Relevansinya di Madrasah ialah membuat catatan kehadiran, hadir tepat waktu. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan sesama yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai sopan santun, nilai sosial, nilai berbakti kepada orang tua dan nilai tidak sombong. Adapun relevansinya di madrasah ialah mengunjungi panti jompo, membantu orang tertimpa musibah. Keempat, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan lingkungan yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai amar ma’ruf dan nahi mungkar. Adapun Relevansinya di madrasah ialah membersihkan kelas. Dan yang kelima, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan kebangsaan yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai toleransi dan nilai demokrasi. Adapun relevansinya di madrasah ialah menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 39 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:00
Last Modified: 19 Oct 2020 03:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item