PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG

IRA, WAHYUNI TARIGAN (2022) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_Cover, dll-1 - 0033 Ira wahyuni.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_BAB I - 0033 Ira wahyuni.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_BAB II - 0033 Ira wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_BAB III - 0033 Ira wahyuni.pdf

Download (680kB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_BAB IV - 0033 Ira wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_BAB V - 0033 Ira wahyuni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ira_Wahyuni_Tarigan_1814010033_Fulltext_1 - 0033 Ira wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan Menggunakan Metode Al-Hiwar. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang sebelum diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang setelah diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang sebelum dan setelah diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen-semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VII.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test di kelas eksperimen adalah 64,69 dan rata-rata nilai pre-test di kelas kontrol adalah 66,56. Rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen adalah 88,44 dan rata-rata nilai post test di kelas kontrol adalah 80,94. Berdasarkan hasil analisis uji T yang dilakukan pada software SPSS maka diperoleh sig a < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 67,947 > 1,66980 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh metode Al-Hiwar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:10
Last Modified: 03 Oct 2022 04:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11129

Actions (login required)

View Item View Item