EFEKTIVITAS METODE YANBU’A TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV TPA MASJID USWATUN HASANAH, KELURAHAN PISANG, KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG

WANDIPA, PUTRA (2022) EFEKTIVITAS METODE YANBU’A TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS IV TPA MASJID USWATUN HASANAH, KELURAHAN PISANG, KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 Cover,dll-1 - Wandipa putra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 BAB I - Wandipa putra.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 BAB II - Wandipa putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 BAB III - Wandipa putra.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 BAB IV - Wandipa putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 BAB V - Wandipa putra.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Wandipa Putra 1814010064 Full Teks-1 - Wandipa putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fakta pencapaian nilai kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik masih banyak yang rendah. Penerapan metode pembelajaran ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemebelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah metode yanbu’a. Untuk itu metode yanbu’a digunakan di TPA Mesjid Uswatun Hasanah kelurahan Pisang kecamatan Pauh Kota Padang agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas IV TPA Mesjid Uswatun Hasanah, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan design Quasi Ekperimen, bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel yang diteliti yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan (praktik) membaca AlQur'an, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2- tailed) = 0,200 dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2-tailed) = 0,135 dengan nilai α = 0.05, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karena jika Sig > α (0.05), (0,200>0,05) dan (0,135>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk sig > α (0.05) menunjukkan nilai 0,148, hal ini berarti (0,148>0,05) jadi data dinyatakan homogen atau sama. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,04 maka sesuia dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika sig <0,05 (0,01<0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode yanbu’a terhadap pembelajaran membaca Al-Qur’an kelas IV TPA Mesjid Uswatun Hasanah Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:12
Last Modified: 03 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item View Item