PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL BERBASIS APLIKASI PREZI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS XI DI MAN 1 SOLOK SELATAN

ULFA, RAHMA AGUSTIN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL BERBASIS APLIKASI PREZI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS XI DI MAN 1 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_COVER, DLL - Ulfa Rahma Agustin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_BAB I - Ulfa Rahma Agustin.pdf

Download (670kB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_BAB II - Ulfa Rahma Agustin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_BAB III - Ulfa Rahma Agustin.pdf

Download (756kB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_BAB IV - Ulfa Rahma Agustin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Ulfa Rahma Agustin.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Ulfa Rahma Agustin_1814010060_FULLTEXT - Ulfa Rahma Agustin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya pembelajaran Al- Qur’an Hadist. Hal ini dikarenakan kurang kreatif dan berinovasinya media yang digunakan pendidik. Pendidik masih dominan menggunakan media cetak. Salah satu solusinya pada zaman yang semakin canggih ini yaitu dengan mengembangkan media pembelaran berbasis aplikasi prezi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan validitas serta praktikalitas dari media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian 4D yang meliputi empat tahap yaitu tahap Define (Pendefinisian), tahap Desain (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Dissemination (Penyebarluasan). Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian diberikan kepada tiga validator atau para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual menggunakan Aplikasi Prezi pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Berkompetisi dalam Kebaikan Kelas XI MAN 1 Solok Selatan, setelah diuji kelayakan validitas media, materi serta bahasa maka dapat diperoleh nilai validitas untuk kelayakan media yaitu 87,5 dengan kategori sangat valid, nilai validitas untuk kelayakan materi yaitu 91,66 dengan kategori sangat valid serta nilai validitas untuk kelayakan bahasa yaitu 90,62 dengan kategori sangat valid. nilai praktikalitas oleh pendidik yaitu 95,83 dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas oleh peserta didik yaitu 86,66 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisi data, maka media pembelajaran sudah dikatakan valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio-Visual, Aplikasi Prezi, Al-Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:59
Last Modified: 03 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item