IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PADA RUMPUN MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI MAN LIMA PULUH KOTA

TIA, ZAHARA (2022) IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PADA RUMPUN MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI MAN LIMA PULUH KOTA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Cover, dll - Tia Zahara.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Bab I - Tia Zahara.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Bab II - Tia Zahara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Bab III - Tia Zahara.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Bab IV - Tia Zahara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Bab V-Daftar Pustaka - Tia Zahara.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Tia Zahara_1814010044_Fulltext - Tia Zahara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah idealnya guru memiliki metode pembelajaran yang menarik sehingga siswa memahami materi pelajaran dengan baik, sementara faktanya guru masih bervariasi. Maka butuh penelitian yang mendalam untuk memetakan metode-metode yang digunakan guru dalam menerapkan metode pembelajaran guru pada rumpun mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota.Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan guru dalam menentukan variasi metode pembelajaran pada rumpun mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan variasi metode pembelajaran pada rumpun mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan variasi metode pembelajaran pada rumpun mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatra Barat. Penelitian ini berlangsung pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap, sejak bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran keagamaan, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa-siswi MAN Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variasi metode pembelajaran yang digunakan pada rumpun mata pelajaran keagamaan adalah metode two stay two stray, problem solving, discovery learning, ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, resitasi/penugasan, peta konsep, bercerita, dan metode hafalan. (2) Guru rumpun mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota, tidak merancang variasi metode pembelajaran pada silabus. Akan tetapi, guru merancang variasi metode pembelajaran pada RPP. (3) Guru mata pelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota telah menggunakan variasi metode dalam pelaksanaan pembelajaran. (4) Faktor yang mendukung implementasi variasi metode pembelajaran keagamaan di MAN Lima Puluh Kota yaitu meliputi: media pembelajaran yang mendukung, kemampuan siswa untuk belajar, minat dan motivasi belajar siswa yang tinggi. Faktor penghambat, yaitu meliputi: kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan referensi belajar di sekolah, keterbatan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran. Kata kunci: Variasi Metode Pembelajaran, Rumpun Mata Pelajaran Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:55
Last Modified: 03 Oct 2022 02:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item