PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAPHASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 PADANG

SANJA, TRIHARDI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAPHASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
COVER SANJA TRIHARDI - Sanja Trihardi.pdf

Download (854kB)
[img] Text
Sanja Trihardi_1814010072_BAB I - Sanja Trihardi.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Sanja Trihardi_1814010072_BAB II - Sanja Trihardi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
Sanja Trihardi_1814010072_BAB III - Sanja Trihardi.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Sanja Trihardi_1814010072_BAB IV - Sanja Trihardi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
Sanja Trihardi_1814010072_BAB V - Sanja Trihardi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
fulltext_SANJA TRIHARDI_1814010072 - Sanja Trihardi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Padang Tahun ajaran 2021/2022 melatar belakangi penulisan skripsi ini. Persentase hasil belajar peserta didik sebesar 70,4% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Salah-satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran superitem pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Mengetahui gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 30 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran superitem (2) Mengetahui gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 30 Padang dengan menggunakan model pembelajaran superitem (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran superitem terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Padang Tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.A dan kelas kontrol VIII.I. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas eksperimen 87,60 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 74,20. Persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen 88% dan persentase ketuntasan kelas kontrol 44%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 22 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti yang berbunyi tidak terdapat pengaruh model pembelajaran superitem terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang ditolak dan diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran superitem terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Superitem, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:33
Last Modified: 03 Oct 2022 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11106

Actions (login required)

View Item View Item