KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF GENDER DI KELAS X MIA 7 SMA NEGERI 10 PADANG

Wenny Julisra, Wenny (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF GENDER DI KELAS X MIA 7 SMA NEGERI 10 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya analisis yang dilakukan oleh pendidik di SMAN 10 Padang terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik dalam perspektif gender. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki; 2) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan; 3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan di Kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methods. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 10 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Setelah diperoleh data dari sampel dengan menggunakan metode kuantitatif, lalu diambil subjek dalam penelitian ini yaitu 4 peserta didik laki-laki yang memiliki kemampuan literasi tertinggi dan 4 peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan literasi tertinggi untuk dianalisis dengan metode kualitatif. Pengambilan data diambil dari hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Padang pada bulan Januari tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah 1) analisis kuantitatif meliputi: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah independent sampel t-test untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan; 2) analisis kualitatif untuk mendeskripsikan jawaban peserta didik masing-masing soal. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh bahwa: 1) kemampuan literasi matematis peserta didiklaki-laki menunjukkan kategoricukup yaitu 65,25; 2) kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan menunjukkan kategori cukup yaitu 59,14; 3) dilihat dari data nilai kemampuan literasi matematis yang telah dilakukan, menunjukkan peserta didik laki-laki mendapatkan skor kemampuan literasi lebih besar, dibandingkan dengan skor literasi matematis peserta didik perempuan. Selanjutnya, dengan menggunakan uji Indepndent Sampel T-Test diperoleh perbandingan (11,10>2,03). Artinya ditolak, diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:43
Last Modified: 30 Sep 2022 04:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item