PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 9 KOTO XI TARUSAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Watnita, Watnita (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 9 KOTO XI TARUSAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
12. BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text
13. BAB III METODE PENELITIAN PBL.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text
14. BAB IV PBL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
15. BAB V PBL.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA PBL.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik belum terbiasa bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari Nilai Ujian Tengah Semester I peserta didik kelas VIII yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Hal ini disebabkan karena model yang digunakan oleh pendidik belum dapat mengaktifkan peserta didik dalam belajar sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan pembelajran konvensional pada kelas VIII SMPN 9 Koto XI Tarusan.. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 9 Koto XI Tarusan yang terdapat 3 kelas yang berjumlah 78 peserta didik. Untuk mendapatkan kelas sampel menggunakan teknik random sampling. Diperoleh peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, pertemuan pertama proses pembelajaran masih belum terlaksana dengan baik, masih ada peserta didik yang tidak ikut serta mengerjakan LKPD. Pertemuan kedua proses pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dan meningkat, peserta didik yang tidak ikut serta mengerjakan LKPD sudah mulai berkurang. Pada pertemuan ketiga dan ke empat proses pembelajaran cenderung meningkat, semua peserta didik juga sudah mengerjakan LKPD. Sedangkan pada pertemuan kelima dilakukan tes belajar. Berdasarkan tes belajar diperoleh rata-rata nilai tes kelas eksperimen 79,04 dan nilai rata-rata tes pada kelas kontrol 71,59. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh t hitung >t (2,08>1,66) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H tabel 0 ditolak dan H diterima. Artinya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:34
Last Modified: 30 Sep 2022 04:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item