PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK KELAS XI MIA DI MAN KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2018/2019

Sri Rahma Ningsih, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK KELAS XI MIA DI MAN KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PESERTUJUAN, ANSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Solok tahun ajaran 2018/2019. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik, yaitu model pembelajaran yang digunakan pendidik belum tepat. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan ulangan harian matematika peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Solok yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Solok tahun ajaran 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan Model Problem Based Learning. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik yang diajar dengan menerapkan Model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran biasa pada kelas XI MIA MAN Kota Solok tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Solok tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 75 orang. Untuk mendapatkan kelas sampel menggunakan teknik random sampling, maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua populasi. sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis matematik pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 80,00 dan 74,56 sedangkan nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematik pada kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 80,07 dan 74,87. Setelah dilakukan uji hipotesis untuk kemampuan berfikir kritis matematik peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh t hitung >t (1,97 >1,66) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H tabel 0 ditolak dan H diterima, dan uji hipotesis untuk kemampuan berfikir kreatif matematik peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh t hitung >t (2,31 >1,66) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H tabel 0 ditolak dan H diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Solok yang diajar dengan Model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:24
Last Modified: 30 Sep 2022 04:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item