PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK (TAHUN 1995-2017)

Nelma Yasni, Nelma (2018) PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK (TAHUN 1995-2017). Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER_ABSTRAK)
COVER_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full Text (file gabungan))
Full Text.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nelma Yasni, NIM 1314090335. Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Alahan Panjang Kabupaten Solok Tahun 1995-2017. Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Permasalahan pokok penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan yang signifikan dari setiap periode kepemimpinan baik dari segi peserta didik, pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana dan prestasi peserta didik. Pertanyaan dari penelitian ini adalah bagaimana perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Alahan Panjang berdasarkan periode kepemimpinan tahun 1995 hingga 2017. Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan MTsN AlahanPanjangdari Tahun 1995 hingga tahun 2017. Untuk menjawab permasalahan di atas, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: tahap heuristik atau pengum-pulan data, kritik sumber, interprestasi data, dan historiografi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa cikal bakal sejarah berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Alahan Panjang berdiri pada tahun 1986 pada awalnya merupakan Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) yang merupkan hasil Prakarsa serta perjuangan masyarakat yang dipolopori oleh Bapak Buya H. Ilyas Ahmad. Keadaan MTsN Alahan Panjang awalnya berlantai kayu, berdinding kayu dan atap dari seng putih biasa dengan Kepala Madrasah Bapak Nur Wanuddin Berkat semangat juang beliau untuk menghidupkan pendidikan dan didorong oleh masyarakat Alahan Panjang yang menginginkan agar di bangun sekolah yang bernaungan di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia dan pada tahun 1995 Madrasah ini berubah status menjadi Madrasah Tsanawiyah negeri dengan dikeluarkannya SK Meteri Agama Republik Indonesia dengan Nomor surat 515 A/1995. Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Alahan Panjang dari tahun ke tahun berdasarkan masa periode, Lima periode kepemimpinan terakhir selalu mengalami peningkatan baik dilihat dari Peserta didik, tenaga pendidik (guru), kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi peserta didik. Periode kepemimpinan Dra. Nurhayati jumlah peserta didik 500 orang, tenaga pendidik berjumlah 26 orang, periode kepemimpinan Drs. Ali Basir jumlah peserta didik 517 orang, tenaga pendidik berjumlah 44 orang, periode kepemimpinan H. Amriwal, S.Pd. I jumlah peserta didik 570 orang, tenaga pendidik berjumlah 44, periode kepemimpinan Marta Rinalson, S.Ag, MA jumlah peserta didik 617 orang, jumlah tenaga pendidik berjumlah 45 orang, periode kepemimpinan Maidison, S.Pd jumlah peserta didik 713, tenaga pendidik berjumlah 44 orang. Dampak keberadaan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Alahan Panjang bagi masyarakat Alahan Panjang memberikan pengaruh yang positif baik dari segi pendidikan, agama, ekonomi dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 06:47
Last Modified: 24 May 2018 06:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item