PENERAPAN PERENCANAAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG

MUTIA OKTA, FRISMA (2022) PENERAPAN PERENCANAAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Mutia Okta Frisma_1712030120_Bab I - Mutia Frisma.pdf

Download (412kB)
[img] Text (Bab II)
Mutia Okta Frisma_1712030120_Bab II - Mutia Frisma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
Mutia Okta Frisma_1712030120_Bab III - Mutia Frisma.pdf

Download (156kB)
[img] Text (Bab IV)
Mutia Okta Frisma_1712030120_Bab IV - Mutia Frisma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
Mutia Okta Frisma_1712030120_Bab V- Daftar Pustaka - Mutia Frisma.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Mutia Okta Frisma_1712030120_Cover dll - Mutia Frisma.pdf

Download (697kB)
[img] Text (Fulltext)
Mutia Okta Frisma_1712030120_Fulltext - Mutia Frisma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Perencanaan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang” yang terdiri dari ( ) halaman ditulis pada tahun 2021 oleh Mutia Okta Frisma, Nim 1712030120, mahasiswa Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Perencanaan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah ada program yang belum terealisasikan secara maksimal pada bidang usaha simpanan yaitu simpanan sukarela, simpanan berjangka, simpanan qurban, simpanan hari raya, simpanan masyarakat sejahtera, dan Simpanan deposito. Namun yang terealisasikan hanya tiga program yaitu: simpanan sukarela, simpanan berjangka, dan simpanan masyarakat sejahtera. Pada pembiayaan masih ada anggota KSPPS BMT yang belum mendapat pembiayaan dikarenakan keterbatasan sumber dana KSPPS BMT Ulak Karang Selatan. Hal tersebutlah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana Penerapan Perencanaan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perencanaan yang dilihat dari langkah-langkah perencanaan yaitu prakiraan (forecasting) penetapan tujuan (establishing objective), pemrograman (programming), penjadwalan (schedulling), penganggaran (budgeting), pengembangan prosedur (developing procedure), penetapan kebijakan (establishing and interpreting policies) dalam Kantor Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus dan pengelola Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Penerapan Perencanaan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ulak Karang Selatan Kota Padang pada program usaha simpanan yang sudah menetapkan langkah-langkah perencanaan yaitu prakiraan (forecasting) penetapan tujuan (establishing objective), pemrograman (programming), penjadwalan (schedulling), penganggaran (budgeting), pengembangan prosedur (developing procedure), penetapan kebijakan (establishing and interpreting policies). Namun ada yang belum terealisasikan sesuai dengan teori yaitu: simpanan sukarela, simpanan berjangka, dan simpanan masyarakat sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:41
Last Modified: 30 Sep 2022 03:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item