STRATEGI FUNDRAISING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA DOMPET DHUAFA SINGGALANG KOTA PADANG

MISRI, NOFITA (2021) STRATEGI FUNDRAISING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA DOMPET DHUAFA SINGGALANG KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Misri Nofita_1712030096_BAB I - Misri Novitha.pdf

Download (493kB)
[img] Text (Bab II)
Misri Nofita_1712030096_BAB II - Misri Novitha.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
Misri Nofita_1712030096_BAB III - Misri Novitha.pdf

Download (302kB)
[img] Text (Bab IV)
Misri Nofita_1712030096_BAB IV - Misri Novitha.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
Misri Nofita_1712030096_BAB V - Misri Novitha.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Misri Nofita_1712030096_Cover dll - Misri Novitha.pdf

Download (638kB)
[img] Text (Fulltext)
Misri Nofita_1712030096_FULL - Misri Novitha.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang”. Disusun oleh Misri Nofita NIM 1712030096 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah tingkat kepercayaan muzakki terhadap Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang setiap tahunnya terus meningkat, dilihat dari jumlah muzakki dari tahun 2018 jumlah Muzakki yang berdonasi di Dompet Dhuafa sebanyak 1170 dan pada tahun 2019 naik menjadi 1870 dan tahun 2020 juga bertambah menjadi 1956. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis ingin melihat bagaimana strategi fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang. Dari penelitian ini dilihat batasan masalah penelitian adalah pertama, strategi direct fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang. Kedua, strategi indirect fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi direct fundraising dan strategi indirect fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan dan mengungkapkan semua keadaan yang terjadi di lapangan, sumber data dari supervisor fundraising Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang, divisi fundraising bagian marketing komunikasi dan telemarketing dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, bahwa strategi fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang dengan menggunakan dua strategi fundraising, yaitu strategi direct fundraising dan strategi indirect fundraising. Dilihat dari strategi direct fundraising yang digunakan oleh Dompet Dhuafa Singgalang Kota Padang dengan menggunakan strategi dialogue fundraising, yaitu strategi dengan berdialog secara langsung atau tatap muka (face to face). Seperti langsung datang ke kantor, depan pintu (door to door) atau bisa disebut jemput langsung ke tempat donatur atau muzakki yang berdonasi dan dengan cara pengadaan-pengadaan seperti pengadaan konter-konter di PA, TRANSMART, BASKO dan GOR. Yang kedua dengan menggunakan strategi corporate fundraising, yaitu strategi dengan cara bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan bank swasta yang ada di Sumatera Barat. Seperti bekerjasama dengan bank BSI, Bank Nagari dan BI dan beberapa perusahaan seperti PLN, Rabbani, Food Mart, Gramedia, Sari Anggrek, Auto 2000, Dayamart, YBM PLN dan OJK. Dilihat dari strategi indirect fundraising yang digunakan adalah strategi fundraising online seperti lewat e-mail dan website. Yang kedua menggunakan telefundraising atau telemarketing dengan menelfon langsung donatur tersebut. Selanjutnya strategi multichanel fundraising seperti facebook, instagram, wathsap, radio, koran dan pamflet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:25
Last Modified: 30 Sep 2022 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item