PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 6 KOTA PADANG

FUJI, SRI HARTATI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 6 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Cover,dll - Fuji sri Hartati.pdf

Download (682kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Bab I - Fuji sri Hartati.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Bab II - Fuji sri Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Bab III - Fuji sri Hartati.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Bab IV - Fuji sri Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Bab V-Daftar Pustaka - Fuji sri Hartati.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Fuji Sri Hartati_1814010086_Fulltext - Fuji sri Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari nilai harian peserta didik kelas VIII MTsN 6 Kota Padang yang berada di bawah rata-rata KKM, adapun KKM yang telah ditentukan sekolah adalah 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick berbantuan media question box. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar SKI dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick berbantuan media question box, mengetahui hasil belajar SKI dengan menggunakan strategi ekspositori dan mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick berbantuan media question box dibandingkan kelas yang menggunakan strategi ekspositori pada kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 6 Kota Padang tahun 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.9 dan kelas kontrol kelas VIII.8 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick berbantuan media question box dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 83,91, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 74,68. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,001, maka diambil kesimpulan bahwa (0,001 < 0,05). Hal ini berarti diterima dan ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap peningkatan hasil belajar kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe talking stick berbantuan media question box dibandingkan kelas yang menggunakan strategi ekspositori pada pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Media Question Box, Hasil Belajar SKI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:24
Last Modified: 30 Sep 2022 02:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item