PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

NURI, HIDAYATI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Cover,dll - Nuri Hidayati.pdf

Download (895kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Bab I - Nuri Hidayati.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Bab II - Nuri Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Bab III - Nuri Hidayati.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Bab IV - Nuri Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Bab V-Daftar Pustaka - Nuri Hidayati.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Nuri Hidayati_1814010121_Fulltext - Nuri Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan pendidik belum mengaktifkan peserta didik terlihat dari banyaknya peserta didik yang kurang aktif, kurang semangat, dan tidak memiliki keberanian untuk tampil dalam bertanya pada saat proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok”. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berbantuan media Question Card pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Gunung Talang. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berbantuan media Question Card pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Gunung Talang. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, desain nya adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.1 dan kelas kontrol adalah kelas VII.2. Hasil penelitian hasil analisis uji T yang dilakukan pada software SPSS maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 67,074 > 2,005 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Berbantuan Media Question Card , Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:39
Last Modified: 30 Sep 2022 01:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item